Tahu Zuchini kuah Taucho


karena lagi puasa aja kok pengen bikin tahu kuah taucho…. jadi bikin aja ala Indonesia, resep asli mah punya Korea…

 

 

 

Picture 1149

 

 

 

Tahu Zhucini kuah Taucho

 

 

bahan :

3 buah tahu Bandung

1 buah Zhucini

5 lembar sawi putih

4 buah cabe gendot

5 buah bawang merah iris

1 buah bawang putih iris

1 buah tomat

1 sdm pasta taucho Korea ( pack warna coklat)

1 sdt pasta cabe Korea ( pack warna merah)

1 ruas laos

1 ruas jahe

2 batang sereh

gula merah, garam 

 

 

Cara membuat : 

di tumis bumbu2 nya setelah harum  masuk cabe gendot, tomat, pasta, air,  begitu mendidih masukkan sisa bahan lainnya.

 

 

 

 

Picture 1147

 

 

Bulgogi ( Korean Beef Barbeque)


Siang ini ada pesanan dari pelanggan, hehehe…menu dengan segala varian dah beliau coba..yang penting Macaroni Schootel dan salad nya ga berubah…yang di request balik adalah nasi goreng Teri.. yang baru dipesan adalah Korean Barbeque nya kita…untuk Catering prasmanan,  Bulgogi ini berubah wajah nya..karena sebetulnya ini makanan di stall…jadi dia ga sepenuhnya di bakar …tapi lebih ke numis gosong…hehehehe

Beef Bulgogi  (Korean Barbeque)

Bahan :

1 kg Daging di slice tipis

3 butir Bawang Bombay

1 paprika hijau (kehabisan )

1 paprika merah

Bumbu :

Bawang putih, tumis dengan minyak wijen

Kecap, merica,  kaldu instan (optional)

Wijen yang sudah di sanggrai

Bumbu Marinade :

6  sdm  kecap manis

3 sdm gula pasir

2 batang daun bawang Rajang halus

1 sdm bijih wijen

1 sdt lada hitam

2 sdm minyak wijen

Bumbu halus marinade, di blender halus. Ambil airnya aja:

½  buah pear

½ buah apel

½ butir bawang Bombay

1 sdt bawang putih

1 ruas jahe

Cara membuat :

Campurkan daging slice dengan semua bumbu marinade, diamkan selama satu malam, atau minimal 1 jam.

Masak keesokan harinya dengan di tumis kering , masukkan bawang Bombay dan paprika, bumbui sedikit merica, kecap.

Mengikuti selera Indonesia, masyarakat pada umumnya deh…saya coba membuat Kimchi serasi di lidah orang kita… mengikuti resep asli tapi di rubah sana sini….

Di resep asli, Kimchi di buat paling tidak seminggu sebelum bisa disantap, nah..saya bikin hanya sehari sebelumnya.. jadi seharusnya Sawi putihnya di lumuri garam dan direndam seharian..saya ambil jalur cepat dengan menyiram sawi putihnya dengan air panas.

Kimchi ala  nickeJJ

bahan : 

3 buah sawi putih dengan kualitas baik, di lepas/potong bonggolnya..lalu siram air panas…tiriskan

bumbu :

5 sdm tepung ketan + air 7 sdm atau lebih sedikit, di panaskan api sedang aduk2 hingga mengental dan meletup2

5 sdm bubuk cabe

250 gram cabe kering, atau cabe kukus

2 butir bawang putih

2 sdm ebi (rendam air panas) atau bisa juga dengan jenis kecap ikan (fish sauce)

1 ruas jahe (haluskan/blender dengan bawang putih, ebi, cabe kukus atau kering)

gula pasir

wijen yang sudah di sanggrai

cara membuat :

semua bahan diaduk satu ketika air ketan masih panas, lalu oleskan bumbu halus ini ke setiap lembar daun sawi putih, lalu diamkan  dalam wadah ditutup plastik pelengket…(sebutan anak-anak dapur untuk, wrapping plastic)…letakkan di kulkas

 

Wortel, Lobak dan Timun : 

setelah semua sayuran ini di potong sesuai selera, saya hanya menambahkan bumbu gula pasir, sedikit garam, cuka dan jeruk nipis, minyak wijen dan bijih wijen yang sudah disanggarai..lalu diamkan semalaman…

 

Tteokbokki (baca : Tuppukki) Spicy Korean Rice Cakes


Kemarin kita kopdar an (Food Blogger) di Gandaria City…selalu kalau udah ke daerah kebayoran…ga lupa mampir ke Korean super market  “MU GUNG HWA”  무 공 정화   lupa lah jalan apa…pokoknya kalau mau ke arah kapten tendean, suka motong jalan dari Senopati…disitu deh.

Tapi ini sekedar informasi bagi yang maniak “Korea”  dari plastic Bag ada catatan no. telp  cabang dari MGH (Mu Gung Hwa) :

Senayan tel. (62-21) 722 2214….(jl. Senayan no. 43 Blok S kebayoran baru)

Pinangsia tel. (62-21) 558 2214

Cikarang tel. (62-21) 7075 2214

Kelapa Gading tel. (62-21) 453 3624

Dharmawangsa tel. (62-21) 723 3214

Surabaya tel. (62-21) 563 4645

di beberapa super market besar sekarang selalu ada rak-rak berlogo japanese food, Korean food, ….nah di tempat2 itulah banyak dijual mie instant ramen dan bahan2 pasta cabe (gockujang) pasta tauco  dan lain2….hanya saja jarang nemu bahan utamanya Rice cake ala korean… nah di super market ini nyarinya,  di postingan Tteokbokkki yang lalu ada link dari Aeriskitchen tentang cara membuat sticky rice cake.

Tteokbokki (baca : Tupukgi)

by nickejj

Bahan :

9 lembar     Korean rice Cakes, potong-potong  2 ruas jari

2  lonjor pempek (atau lebih baik pempek yg modelnya bulet kaya baso 6 buah, atau baso ikan)….mereka menyebut nya fish cake

1/2 ons daging diiris-iris tipis

2 buah paprika (iris besar-besar)

2 buah bawang bombay (iris besar-besar)

4 helai daun bawang (potong satu setengah ruas)

wortel, kol, mie ramen, telur rebus, jamur shitake, dll ( optional)

Bumbu :

3 sdm minyak sayur

3 sdm minyak wijen

1/2 ons wijen

2 siung bawang putih

4 sdm Gockujang (pasta bumbu cabe ala Korea)

1 sdm kaldu ayam bubuk

1 sdm kecap manis

1 sdm bubuk cabe

1 sdm gula (selera..tapi harus terasa asam manis pedas)

1 1/2  gelas air

Caranya :

Tumis bawang putih, masukkan daging iris,  setelah kecoklatan masukkan irisan pempek, tumis sebentar masukkan air dan rice cakes.

masukkan Gochujang, bubuk cabe, kaldu bubuk, kecap…setelah hampir matang masukkan bahan-bahan sayuran segar…lalu gula

sementara itu sanggrai sebentar wijen, masukkan minyak wijen ke dalam sanggrai sebentar, lalu tuangkan ke dalam adonan rice cakes.

maka siap dihidangkan.

Tahu Tauco pasta ala Korea


Lagi browsing cara membuat Chili paste nya Korea…terdampar di blog nya Aerin, sambil berpikir punya Tauco pasta Korea mau diapain belum nemu resepnya… akhirnya dibuatlah Sup Tahu Tauco ala Korea ini 

Resep asli ada di blognya Aerin  nama makanan nya adalah : Tofu & Soybean Paste JjiGae  beberapa ada yang lagi ga punya bahannya ..jadi seperti biasa mencari yang ada di lemari pendingin.

Sup Tahu Tauco ala Korea

Bahan :

1/2 ons  Daging giling

1/2 ons  ayam giling

1 butir bawang putih cincang

750 ml air

3 buah tahu Bandung Potong kotak

1/2 batang Lobak potong kotak

2 buah kentang potong kotak

1/2  butir Bawang Bombay potong kotak

3 buah Cabe hijau iris

3 buah cabe merah iris

1 batang daun bawang

1 maggi block sapi

1 maggi block ayam

1 sdm minyak untuk menumis

garam, gula

1 sdt  kecap asin/manis

1 sdt  Soybean Paste

2 sdt Gochujang

2 sdt bubuk cabe

2 sdt minyak wijen

Cara memasak :  Seperti biasa kalau kita masak sup…

Pada saat Sup nya jadi…saya merasakan bahwa rasa yang keluar lebih mirip seperti Ramen-ramen korea yang biasa saya beli dalam packing Mie isntant, So….karena yang makan berdua sama mbak ku yang addiict Korea, aku tambahin mie telor ke dalam nya….Halah itu si Mbak makan mie sup tahu ini sambil dengerin lagu BoyBand Korea  2PM “Hands Up”…. sama kaya mbok semangnya yang pecinta lagu Korea..

Baiklah, buat temen2 yang suka penasaran sama masakan Korea…inilah dia salah satu sup yang banyak kita lihat di Film-film Drama Korea….

Tteokbokki — Ddukbokki — Spicy Korean Rice Cakes


Hobby menonton film Korea, sering membuahkan ide banyak…serunya film mereka, ga tanggung-tanggung kalo promo budaya… tersisip dimana-mana, misalnya di scene mereka mengunjungi saudara yg lebih tua, selalu ada souvenir Buah2an (demen liat cara merangkai buahnya) atau hand bouquet  dengan style Korean.

Pastinya …ga lepaaaas dong makanan juga…berawal melihat sesi “kunjungan” group band TVXQ ke rumah fans kecilnya yg jago di piano (tuna netra)   si group ini bikin acara makan bersama dgn gaya masakan mereka,  ketauan deh tuuu bumbu dan isinya….

Tteokbokki/Ddubokki ini terkenal dengan sebutan “Korean Street Food”, jadi kalo di sono yaaa….itu pasti banyak di jual kaya kita nemu mie ayam dan soto, but..jenis ini bukan untuk makan pengganti nasi,  mereka buat seperti cemilan …

it easy to make and tastes great…..this is it :

Tteokbokki (baca : Tupukgi)

by nickejj

Bahan :

9 lembar     Korean rice Cakes, potong-potong  2 ruas jari

2  lonjor pempek (atau lebih baik pempek yg modelnya bulet kaya baso 6 buah, atau baso ikan)….mereka menyebut nya fish cake

1/2 ons daging diiris-iris tipis

2 buah paprika (iris besar-besar)

2 buah bawang bombay (iris besar-besar)

4 helai daun bawang (potong satu setengah ruas)

wortel, kol, mie ramen, telur rebus, jamur shitake, dll ( optional)

Bumbu :

3 sdm minyak sayur

3 sdm minyak wijen

1/2 ons wijen

2 siung bawang putih

4 sdm Gockujang (pasta bumbu cabe ala Korea)

1 sdm kaldu ayam bubuk

1 sdm kecap manis

1 sdm bubuk cabe

1 sdm gula (selera..tapi harus terasa asam manis pedas)

1 1/2  gelas air

Caranya :

Tumis bawang putih, masukkan daging iris,  setelah kecoklatan masukkan irisan pempek, tumis sebentar masukkan air dan rice cakes.

masukkan Gochujang, bubuk cabe, kaldu bubuk, kecap…setelah hampir matang masukkan bahan-bahan sayuran segar…lalu gula

sementara itu sanggrai sebentar wijen, masukkan minyak wijen ke dalam sanggrai sebentar, lalu tuangkan ke dalam adonan rice cakes.

maka siap dihidangkan.

seperti inilah bahan-bahannya :

Korean Rice Cake

Korean Rice Cakes

terbuat dari beras, seperti halnya Kweetiau, hanya berbentuk tube dengan rasa tawar dan kenyal ketika di gigit, bisa di dapat di super market Korea, kalau di jakarta ada di daerah Santa, Kelapa gading sebelah MOI … tepatnya antara MOI dan Lotte Mart, ada sebuah kompleks Ruko…nama Super marketnya kalau tidak salah spell “Mung Ghwa”

gockujang

Gockujang ( Pasta Cabe berbumbu)

Pasta Cabe ini rasanya manis dan pedas (sedang pedasnya) dan diramu bumbu khusus Korea, kelihatannya ini menjadii acuan “bumbu dasar” disetiap masakan Korea yg  memakai Cabe.

Bumbu Dasar ini ada berbagai macam, pasta cabe (dgn tampilan kotak merah),  pasta Tauco (dengan tampilan kotak coklat) dan ada yang kotaknya hijau tapi lupa isinya apa…halaaah !

Pempek yang Bulat kaya bakso

di setiap resep “Mbah Google punya” pasti pakai Fish Cake, saya pernah makan tteobukki kemasan, rasanya hampir sama dengan pempek ini (yg buled, agak empuk tekstur nya…bisa juga kalo pake cara sesat dgn  otak2 warung) hehehe…

yaaah gitu deeeh, rasanya manis pedas dan agak asam (asamnya udah ada sedikit dari Gockujang)….merah looo warnanya..! hasil fotonya aja yg belum proff jadeeee coklat keliatannya….sowwwryyy… selamat mencoba !!