Lontong Sayur Medan


Yang Ulang Tahun ..temen baeeek ku, Mpok Dy…eikeh panggil dia, makasih (Dyyy dah jadi temen deket gw) dia bakul aku kalo lagi curhat !

mau kumpulin anak2 SMP Bhayangkari Medan …doi cuma bilang, nih budget gw..terserah lo mau bikin apa ! puter2 otak akhirnya terpilihlah…jajaran ini !!

Lasagna dan Fetuchine ….untuk barisan anak2 dan ponakan…

Lodeh, Tauco Medan, sambel goreng kering Teri Medan, untuk “kelompok ga berenti makan”…..dan nyampe sana haduuuh ada Sate Kerang…ooooiii lengkapnya …..nostalgia makanan di Medan !

 

ini resep nya :

Sayur L O D E H  ala nickeJJ (resep 1)

bumbu :

1 ons Rebon (udang kecil yg diproses “Asin”)

terasi medan  (secukupnya)

7 buah bawang merah iris

3 iris lengkuas

3 lembar daun salam

garam dan gula pasir

1 kotak  santan Kara

air untuk kuahnya

Bahan sayuran :

2 buah labu siam (ukuran kecil, 1 1/2 kalau ukuran besar)

2 terong ungu

2 ikat kacang panjang (satu ikat isi 4-5 helai Kc panjang)

3 buah cabe hijau (iris serong)

3 buah cabe merah (iris serong)

buah dan daun mlinjo secukupnya

Bunga Kecombrang/Honje (optional)

cara membuat :

1. Tumis rebon dan terasi hingga kecoklatan dan harum

2. masukkan bw merah, lengkuas dan daun salam

3. urutan berikutnya, buah mlinjo, labu siam, terong ungu tumis sekaligus

4. masukkan Santan Kara, tambahkan air, tunggu hingga tanak, masukkan garam dan gula, kc panjang, irisan cabe, terakhir daun melinjo

Naaaahhh siap dihidangkann….

 

Tauco Medan (resep ke-2)

Ada berbagai macam versi untuk “Tauco Medan” sebagian penikmat ada yg suka jenis asin dan sebagian jenis manis, saya hanya melihat bahwa penduduk Sumatra utara, banyak yang perantauan dari Jawa Tengah…makanya ada sebutan gaul PUJAKESUMA (PUtra JAwa KElahiran SUmatera)…berangkat dari sinilah, makanan daerah ini sangat variatif…ada style Batak, Melayu, India, Jawa dan tentu saja Chinese….(kaya sekali yaaa….), saya karena asli Jawa Barat..termasuk memilih “Tauco Medan ala Jawa” manis jelas nya…

Bahan-bahan :

Udang ukuran sedang (buang kepalanya, siram air mendidih, airnya di simpan untuk kaldu, kulit kepala buang yaaaa…yg rapih)

Tahu potong kotak goreng

Tempe potong kotak goreng

Buncis/kacang panjang (kalau dia dimasak sendiri, lebih cocok pakai kc panjang, tp karena ini ramai2, sy cenderung memilih buncis, krn sayur Lodehnya pakai kc panjang)

Cabe merah keriting (iris miring )

Cabe hijau keriting (iris miring)

cabe rawit merah (utuh)

Tauco Medan (bisa botolan, saya pilih yg plastikkan yg dijual di pasar tradisional, di lapak yg menjual bumbu besar, biasanya  orang Batak yg dagangnya)

Rimbang/Takokak (optional) carinya di tempat bumbu dipasar tadi

Bumbu :

Terasi Medan

Bawang putih

Bawang merah

lengkuas

Jahe

Daun Salam

tomat

gula jawa

kecap

garam (saya skip karena Tauco Medan berjenis tauco asin)

Cara Membuat :

menumis pada umumnya….

urutannya, terasi dulu supaya sekalian di goreng mateng, bawang putih, bawang merah, Udang, bumbu besar (lengkuas, jahe, salam), tomat, semua cabe2 an, buncis kemudian di bumbu semuanya

(Rasa yg tercipta adalah, taste Tauco, manis dan pedassss)

catatan untuk product Medan pilihan saya :

terasi piring

terasi medan yg di warung

Nah kira2 seperti ini looo….saya bukan sales nya yaaa…

 

Kering Teri Medan (resep ke-3)

Bahan-bahan :

250 gr Teri Medan

250 gr Kacang tanah

250 gr Tempe Iris korek api

250 gr Kentang iris koreng api

semua bahan di goreng, sisihkan

Bumbu :

2 siung bawang putih di haluskan (jgn blenderan)

2 bks Cabe giling (kurleb 200 gr, mau pedes tambah aja lagi)

Air Asam

gula pasir

cara membuat :

tumis bawang putih dalam minyak yang agak banyak, masukkan cabe giling, sudah tanak, masukkan air asam dan gula….tunggu sampai masak betul dan agak kering…cairan bergelembung2….angkat dan diamkan hingga dingin

setelah dingin campur semua bahan (menghindari melempem)

Nah ….tinggal buat lontongnya, atau beli lontongnya biar mudah

tambahan lain yg bisa jadi menu hidangan untuk lebaran adalah....

– serundeng kelapa yg di keringkan

– Sate Kerang

– Sate Godog………Resep 

 

– Kerupuk

selamat mencoba…..

4 thoughts on “Lontong Sayur Medan

  1. bu nicke jae jong yg cantik.. mau tanya kalao mau buat lontong medan, resep yg dipakai lebih baik yg sayur lodeh (resep 1) atau tauco medan (resep 2), atau malah harus keduanya dicampur?? thanks ya bu

    • Erl…..masa juga belum pernah makan lontong sayur medan, secara dikau org sana…hihihi
      jadi “Lontong Sayur Medan” itu ….yaaaah hampir mirip tatanan nya kaya “Lontong cap Gomeh”
      satu nama tapi gabungan dr semua makanan, tatanan nya adalah :1. Lontong, 2. sayur lodeh (pilihan nya ada yg cuma berisi lodeh nangka, atau model “padang” kuah santan dengan isi kol dan kc panjang) aku pilih lodeh jawa, 3. Tauco Medan, 4. serundeng kelapa (optional nya, sate kerang, balado telor dan Rendang )

      gituuu….coba browsing “lontong Sayur Medan” pasti keluar macem2….yang ini versi keluarga ku…

      • jadi itu satu paket harus dibuat ya bu, hihihi.. huaa repot banget harus buat semua ya.. biasa tinggal makan aja nih.. resep sate kerangnya mana bu:) ngelunjak nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s