Caramel Cake


lagi mau belanja bahan, tunggu mobil dateng dari acara…sengaja pengen trial Cake ini, yang udah dicoba temen dengan resep yang sama tapi gagal katanya…jadi penasaran pengen coba sesuai resepnya…

Baru keluar dari Oven

beberapa yang bilang, cake ini sama sekali bisa tanpa mixer, supaya menghasilkan rongga/pori,  di mixer speed pelan..or high speed tapi sebentar….what ever intinya nyantai aja..pasti bakal jadi…hahahaha

ini resepnya :

Karamel Cake
:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:
425 gr     gula pasir
450 ml     air panas
180 gr     tepung terigu
50 gr       tepung maizena
8 btr        telur ayam
150 gr     margarin
2 sdt        soda kue
200 ml     susu kental manis
Cara Membuatnya:

  1. Taruh gula pasir diatas wajan, masak diatas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  2. Kocok margarin dan susu kental sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer. (aku hanya pake kocokan spiral)
  3. Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  4. Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  6. Panggang dalam oven, suhu 180’C selama kl. 40 menit atau sampai matang. (tepat di 45 menit, diliat adonan masih basah …jadi diterusin totalnya 1 jam 15 menit)

Catatan:

  • Adonan caramel cake ini unik. Encer, sama sekali tidak terbayang bahwa adonan encer ini akan menjadi cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
  • Mendapatkan sarang yang banyak sampai bisa buat ‘ngeker’ (ngintip), adalah dari proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan skm terlalu lama. Krn bila terlalu lembut jadinya cake kurang bersarang. Sebagian orang malah cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan speed rendah saja, atau speed tinggi tapi sebentar banget.
  • Jangan kaget, bila adonan nampak terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya kampul-kampul dipermukaan). Mereka semua akan menyatu saat kena panas oven.
  • Sebaiknya selalu lapisi Loyang dengan Loyang kotak yg lebih besar dibagian bawah. Ini dilakukan untuk menghindari ada tetesan lemak/minyak adonan yg langsung kedasar oven. Minyak yg menetes kedasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan asap banyak. Kejadian ini sering membuat panic (dikira kebakaran).
  •  Kesimpulannya, membuat caramel cake jangan mikir terlalu berat. Just do it saja, ikuti perintah resep.…hehehe, sejadinya adonan, langsung oven deh. Kejutannya adalah ketika mendapatkan cake yg lembut, kenyal, bersarang dan enak bangeeeeetttttt……..

cantik, bersarang...dan lembut

Pada Tips kali ini “Kenali dengan baik Oven kita” …di resep biasanya tertulis waktu pemanggangan, tapi tentunya harus lihat jenis oven nya..kita pasti akan tau kalau dipanggang di oven kita ..mereka akan matang di menit ke berapa ! makanya kenali dengan baik alat-alat perang kita…!

Cake nya dah jadi…..hohoho ini dia Cake kesukaan kuuuu…..

YUMMMYYYY….NOM…..NOM…..NOM….NOM…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s