Bread….Le Pain Blanc…Roti Tawar


laporan Roti Tawar  dulu yaaa….! Biasa kali ini minta tolong machine manual merek “hercules”…anakku yang gede, “oke buu…tenang aja”  katanya,

ceritanya mbak DewiJoris yang bikin aku ngiler atas kesuksesan nya bikin “Roti Tawar” ..resep dari NCC, di modif sama mbak DJ, aku ngekor di belakangnya..dan modif sedikit juga (sesuai selera). Nah ini petikan kata2 dari mbak DJ…said :

” Resepnya aku ambil dari Web NCC, aku bikin 1/2 resep dengan sedikit perubahan menyesuaikan dengan yang dipunya di rumah. Loyangnya pake loyang loaf biasa”
Roti Tawar (aku tulis resepnya untuk 1 loaf means 1/2 resep dari resep asli) 
Penulis: Fatmah Bahalwan (dimodif dikit di Joris’ Kitchen)
Bahan:
– 500 gr terigu protein tinggi (DJ pake tepung Bread Talk) eikeh pake Komachi
– 1 butir telur utuh (dua kuning telur karena ada sisa bikin kuwe)
– 50 gr gula pasir
– 10 gr susu bubuk full cream (DJ gak pake)(eikeh pake)
– 5.5 gr / 1 sdm ragi instant (pake sendok ukuran ya)
– 1/2 sdt bread improver (aku tambahin sendiri)
– 30 gr mentega putih/shortening (DJ ganti pake blueband) eikeh teteup pake shortening
– 7.5 gr garam (aku nggak pake karena udah pake blueband yang asin) eikeh pake
– 230 ml air es (aku pake susu UHT putih)
Cara membuatnya:
Dalam wadah satukan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, dan tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
 
 
 
Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
 
Kempiskan adonan dengan cara ditinju. Bulatkan, lalu gilas, dan gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang.
Poles bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas – aku gak pake garam)
Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, poles segera bagian atasnya dengan butter.

Ada cerita lucu…saking girangnya ini Roti jadi, buru2 bawa ke dapur pengen foto2….looooh tiba2 dia meluncur dari loyang loaf…walaaahhhh !! jadi lah pada bocel atasnya..

Teu nanaon lah …yang penting sukses…begitu jadi, si kakak dipanggil, “Rotinya dah jadi kak…” karena kebayang aja dia banting ini adonan 50x dengan tenaga super HERCULES …..

Makasih ya Sayaaang…

2 thoughts on “Bread….Le Pain Blanc…Roti Tawar

Leave a Reply

