Une Baguette….French Bread


Naah…dari kemaren udah mau report, baru hari ini wordpress bisa upload photo2 kuuu, ini pakai resep nya “Volcano Bread” yang sudah di uji coba de’ Rifda.. harusnya roti ini menjulang tinggi…tapi dasar wee…si nicke berkhayal pengen makan “Baguette” nya Sari Pan Pacific..yang tidak ada duanya….lembut, harum luarnya crispy…(kata orang P’cis di kantor dulu….cuma Sari Pan yang baguette nya enak.. jadi inilah si “Roti Ketek” …konon katanya, mereka kalo dari bakery nya keluar toko, itu roti selalu di kepit di ketek….hiiiiiyyyyy

Jadi adonan yang harus nya disesuaikan dengan loyang Roti…lah malah diambil untuk dibikin panjang  untuk French Bread ini , akhirnya sang volcano bread yang diharapkan menjulang  tinggipun ga bisa tinggi  laaaah adonnannya aja tinggal sedikit diambil “Baguette” tadi

resep nya aku Copaste dari de’ Rifda…yang pasti sudah memberi semangat untuk segera mencoba resep ini : 

VOLCANO BREAD (sumber:majalah SANTAP Edisi 2005)

Untuk 2 buah loyang loaf ukuran 10x10x20

 Bahan Biang (Sponge Dough):

250 g terigu protein tinggi

5 g ragi instan

100 g susu UHT dingin

75 g air es

 Adonan Roti:

250 g terigu protein tinggi

2 g bread improver (saya skip)

35 g gula pasir

15 g susu bubuk

100 g air es

10 g garam

50 g unsalted butter

 Cara  Untuk Biang:

Campur terigu, ragi dlm baskom,aduk rata, tuangkan susu dan air es, aduk dgn sendok kayu sampai rata. Tutup dgn cling wrap atau serbet . Diamkan 1 jam sampai adonan mengeluarkan gelembung dan mengembang.

Cara Untuk roti:

Campur terigu,ragi,bread improver,gula dan susu bubuk dlm baskom. Masukkan air es,aduk dgn sendok kayu. Setelah tercampur, masukkan adonan biang, aduk lagi. Tambahkan garam dan mentega, aduk.

Menguleni: 

Oles meja dan tangan dgn mentega. Pindahkan adonan yg tlh diaduk ke atas meja.Uleni hingga kalis. ( yg pake mixer heavy duty  pasti udah tau doong).

Setelah kalis, pindahkan adonan ke dlm baskom yg telah dioles mentega. Balik adonan hingga permukaan yg tlh beroles mentega berada diatas. Tutup dgn serbet,fermentasikan 30 menit.

Keluarkan adonan dr baskom, kempiskan adonan dgn ditinju. Timbang adonan @450 g. Bulatkan,tutp dgn serbet dan diamkan 10 menit.

Gilas adonan hingga berbentuk persegi panjang. Gulung adonan mulai dr sisi yg lebar. Gulung adonan spt membentuk bolu gulung. Tekan2 adonan diatas ke dlm adonan dibawah agar gulungan padat dan sambungan tidak lepas.

Putar adonan ¼ lingkaran sehingga bagian sambungan menghadap anda, ulangi sekali lagi proses menggilas, taburi keju parut sesuai selera, kemudian gulung lg sampai selesai. Masukkan adonan ke dalam loyang 10x10x20 cm

Tutup loyang dgn serbet, diamkan lagi selama 75-90 menit atau sampai adonan mengembang persis sama rata dgn permukaan loyang.

ini adalah sebagian besar adonan roti yang di buat untuk  “Baguette” …karena loyangnya kurang panjang…(loyang panjang lagi dipake buat Cheese Roll)

 

 

 

 

 

Walaupun Rasa masih jauh dengan Baguette nya “Sari Pan”……tapi mengkhayal sambil makan “Baguette” ini mengingatkan beribu2 cerita pada jamannya .. “berlagak makan siang kaya orang P’cis, ketika ditimbunin ratusan pasport pd high season”………hmmmm kenangan manis..

Wait….saya akan coba gaya Roti perancis yg lain…..!!! 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s