Klapertaart ala Wilton


lanjut dengan jenis pudding hangat….Klapertaart, bikinnya sambil inget alm. mamah…lagi ngudek adonannya liat aluminium foil rasanya keiris-iris, waktu itu mau arisan tetangga dan ultahnya…mama merengek2 pengen dibikinin Klapertaart untuk souvenir pulang temen2 nya, udah sengaja beli aluminium foil oval, bukannya ga mau …tapi …belum pernah bikinnya (ga tau resep..actually) belum ikutan milis..yang ternyata mereka semua rata2 udah pada coba bikin ini pudding dan resep nya macem2 berseliweran… really this is my first time i made it !

Menurut alm. mamah…sebenernya beliau ga suka karena ada kayu manis nya, tapi pudding ini cool ! keren lah kalo bisa kasih ini katanya…pengen spesial ngasih buat temen2nya..

Jadi seperti ini wujudnya..dan nikmat rasanya… lihat deh kandungan nya :

Klapertaart Wilton

bahan :

1000 ml Fresh Milk
250 gr Gula pasir
50 gr tepung terigu (tambah jadi 75 gr)
50 gr tepung custard  (tambah jadi 60 gr)
50 gr maizena ( tambah jadi 60 gr)
150 gr mentega
6 butir kuning telur (bisa ditambah max 3 butir)
2 butir kelapa muda
100 gr kenari panggang cincang
kayu manis bubuk
toping :
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum (optional)
kayu manis bubuk
 
Cara membuat :
Didihkan 800 cc fresh Milk dan gula pasir
larutkan tepung terigu, custard dan maizena dgn 200 cc Fresh milk, (aduk rata kalo ngegerindil saring aja dulu)
Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup2
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
masukkan kenari dan kayu manis bubuk
masukkan kuning telur sat persatu
Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
masukkan adonan ke dalam cu[ sampai 1/4 tinggi
Bakar dengan cara di Tim (Au Bain Marie) selama 15 menit dgn suhu 160 C sampai setengah matang,
Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit demi sedikit sampai kaku. Masukkan tepung terigu, aduk dengan spatula
Semprotkan toping ke atas adonan 1/2 matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk.
Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan
hasil kurang lebih 30 cup aluminium kecil
 

Catatan : kenapa di rubah ukuran tepung ? karena pudding ini sangat lembut di lidah (tidak kokoh, memang aslinya begitu) saya harus mentransfer nya menjadi snack lembut nan kokoh yang bisa disajikan potongan untuk Coffee Break …..untuk mendapatkan tekstur yang agak keras..sayapun langsung membakarnya…tanpa proses Au Bain Marie…

Nah sudah selesai yaaaa….(tidur lagi deh)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s