Fermented glutinous rice wrapped in Guava leaves…Tape Ketan Daun jambu


Yang ini niii….betul-betul kesukaan ku… dan ternyata semua orang hampir menyukainyaaa…Biasanya dikirim sama tetanggaku.. sekarang beliau sudah meninggal, ketika di milis ramai bicara soal “oleh-oleh dari Jakarta” tercetus lah ide oleh2 Tape Ketan berbungkus daun jambu ini….

Ketika Ramai itulaaah…..salah satu sahabat baik di milis yang juga suhu per “Cake” an ku… ingin mengirimkan Tape ini…. bahagianyaaaa…bukan hanya soal tape idaman..tapi perhatiannya juga yang bikin hati menjadi hangat karena nilai “persahabatan”…makasiiiih…peluuuk dari jauuh..

Konon katanya…membuat per “tape” an ini banyak kebiasaan turun temurun yang “harus” dilakukan… misalnya, kita harus dalam keadaan yang bersih, termasuk kalau wanita dalam keadaan yang tidak sedang jatuh periode bulannya, juga tidak berbicara selama pembuatan berlangsung sambil mengunyah gula pasir (supaya hasil akhir tapenya  manis…) saya copaste pembicaraan dari Diyah Musfiroh

Dirumah ibu setiap kali bikin tape ketan juga selalu pake daun jambu…
katanya sih biar tapenya seger ( baunya kali ya…)
ada satu lagi ini sih percaya ga percaya,  ibu kalo bikin tape selalu dimulutnya tuh mengulum gula pasir dan ga ngomong blas selama proses peragian ( konon katanya biar tapenya manis ) dan hasilnya selama ini tape yg dibuat ibu manis dan airnya banyak jd seger hehehehe ( kyknya ga nyambung tp tiap ditanya knapa mesti begitu jawabnya selalu sama …dulu diajarinnya begitu…*tepok jidat)

 

Bicara soal kenapa harus “Daun Jambu”… saya bener2 ga tau kenapa harus daun itu, tapi saya percaya pastinya ada sesuatu yang bertalian erat…wong ini jadi jajanan daerah yang sangat trend kok..!!  jadi beginiii…. info yang aku dapat adalah….dengan daun jambu, akan menghasilkan aroma dan manis yang khas…serta warna hijau yang alami. Mbak Tri Palupi ternyata mengamatinya dengan baik :


Saya coba share saja, kebetulan saya pernah nyusun Skripsi dan ambil thema Perbandingan kemasan tape ketan.
Jadi … 21 tahun lalu saya mencoba ada 4 kemasan kalo gak salah untuk membungkus tape ketan. tape ketan sengaja saya buat tanpa warna jadi hanya putih saja. Saya mencoba menggunakan plastik, daun pisang, daun mendong (yang suka buat bungkus tape singkong di jawa) dan daun jambu air.
Dari beberapa kali percobaan pembuatan tape ketan, yang dibuat dalam beberapa tahapan ternyata daun jambu air yang menghasilkan tape dengan rasa paling manis dan paling banyak mengeluarkan air. Kalo tidak salah saat itu kandungan gulanya juga lebih tinggi dibanding lainnya, sebab juga kita uji laboratorium.
Apa yang menyebabkan daun jambu air menghasilkan tape dengan rasa lebih manis saya tidak sampai meneliti terhadap kandungan daunnya, mungkin karena daun jambu mampu memberikan media yang paling sesuai untuk pertumbuhan ragi …. mungkin loh hehehe….

Tapi memang, kemasan ini sangat unik dan cantik terlihatnya. Selain itu, daun jambu ini juga memberikan aroma khas pada tape ketan, yang tidak dijumpai dikemasan lainnya. Dan yang pasti, tidak memberikan pengaruh warna pada tape yang dibungkusnya.

Dian Purwanti menambahkan :  Kelupaan satu hal lagi hijaunya warna tape ketan ini berasal dari perasan daun katuk yang ditumbuk. SOL.

 

Di sepanjang jalan arah kuningan dari Cirebon, menurut teman2 banyak berjejer dagangan oleh2 ini…daerah pembuatannya terfocus di dua dusun..

saya petik obrolan dari Dian Purwanti di milis NCC “

Sayaaaa asli dari Kuningan!!!! #ngacung tinggi2…….Tape Ketan Ijo memang terkenal sekali sebagai oleh2 khas kota Kuningan selain minuman Jeniper (Jeruk Nipis Peres). Tempat produksinya di desa Cibeureum. Itu satu desa usahanya tape ketan ini. Merknya macem2 tapi yang udah terkenal manis ya Pamella. Sebenarnya ada satu desa lagi penghasil tape ketan ini di daerah Kuningan yaitu Cigugur cuman kalah pamor sama buatan Cibeureum. Padahal awal2 duluuuu banget yg terkenal ya dari Cigugur.

Ukuran ada kemasan plastik, ember hitam kecil dan ember hitam yg besar.

Minuman Jenipernya juga harus dicoba…..

Beberapa info yang beredar “Dimana dapat di beli?” selain tentunya di daerah Kuningan…beberapa diantaranya ada yang di Bogor ada juga yang di jakarta :

Mbak ….. yang tinggal didaerah Cibinong dan Bogor, bisa beli di depan PEMDA Cibinong, karena setiap hari minggu ada yang khusus jualan tape ini dalam ember hitam.
Kalo gak salah terakhir beli harga Rp  70.000,- per embernya (harga awal-awal tahun 2011).

Di ujung Jl. Terogong Raya yang mau keluar ke Fatmawati, kayaknya ada yang jual. Tadi juga karena macet mau ke Titan jadinya mengamati sebelah kanan. Ada spanduk2nya kuning, lagi mikir kok kayaknya tempting ya..Banyak ember2nya di pajang gitu.
Bisa di sambangi kalo yang sekalian mau ke Titan.Saya ada nih contact person penjual tape ijo.
Namanya pak Dedi 085724057018, Bilang aja tahu nomor ini dari indosat – kppti .

atau menurut pengiriman kemarin, “BAROKAH” tape ketan Daun jambu telp. 08122207666

Nah kalau dapet inputan lagi, biarlah nanti eikeh tambahin yaa……

 

 

2 thoughts on “Fermented glutinous rice wrapped in Guava leaves…Tape Ketan Daun jambu

  1. saya dah coba beberapa kali membuat tape daru singkong. pertama sekali buat hasilnya bagus dan manis. berikutnya saya coba lagi dan coba lagi sampei saat saya menulis comentar ini dirumah saya lagi proses permentase tape singkong. saya tolong diberi pengalamannya ya kenapa tape singkong yang saya buat tidak manis, dan justru ayep bahasa jawanya..???

  2. Bang Aswir…..saya malah belum pernah coba mmebuat tape Singkong, dalam blog ini saya sharing pembicaraan di milis NCC, karena kebetulan saya dikirim tape ketan berbungkus daun jambu…(archive blog : wacana)…so dengan sangat menyesal saya belum bisa bantu…hanya sedikit pengamatan saja, coba pada saat trial pilih singkong dengan macam2 background, misalnya beli di pasar ini dan pasar lainnya, mungkin cara penanaman akan berpengaruh juga….termasuk mencoba berbagai macam ragi…semoga ,membantu…saya akan mencoba nya langsung dilain waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s