Gulai Iga Sapi


Pesanan hari ini,  dari mas Pranto untuk universitas Trisakti…ga tanya-tanya apakah untuk wisuda atau event lainnya.  Pokoknya kita cuma sediain makanannya…hmmmm enak-enak lah, Gulai IGa Sapi. Ayam panggang cabut tulang, Dendeng Balado Padang, Kakap fillet asam manis, Beef Teriyaki….dan banyak lagi……yang eikeh kejar untuk di photo…cuma GULAI IGA SAPI, soalnya belum masuk ke blog ini….

Gulai ini ciri khas Dapur Kania….ngga ngerti deh rasanya sama aja..cuma mungkin racikannya yang tidak terlalu medok, jadi orang asing masih mau makannya..hehehe…aku tadi bikin untuk 125 porsi…mudah-mudahan bisa di kecilkan resepnya

Gulai Iga Sapi  ala Dapur Kania

bahan  :

7 kg Iga Sapi  (bisa di tambahin Daging kalau mau)

2 butir kelapa untuk Santan (tadi aku pake Kara… 1 pack setengah , 1500 ml)

Bumbu  halus:

400  gr Cabe merah besar

250 gr bawang merah

100 gr bawang putih

10 ruas kunyit

6 ruas jahe

400 gr kemiri  (duuh berapa yaa..tadi kira-kira 2 genggam)

4 sdm ketumbar bubuk

6 sdt  jintan bubuk

Bumbu Kasar :

6 ruas Laos

10 batang Sereh

20 lembar daun jeruk

7 lembar daun salam

7 butir kapulaga

20 butir cengkih

2  batang kayumanis ( 5 cm masing2)

7 buah bunga lawang

Cara membuat :

Rebus Iga hingga 3/4 matang (wah ukuran airnya, berapa yaa…?..)

Tumis bumbu halus hingga bau kemiri, kunyit hilang, tambahkan bumbu kasar nya, masukkan ke dalam Rebusan Iga Sapi tadi, rebus sebentar, lalu matangkan dengan Santan…tunggu hingga empuk lalu angkat.

Semoga pada bisa ngecilin ukurannya….hehehe maaaaafff banget looo…

Naahhhh selamat mencoba

One thought on “Gulai Iga Sapi

  1. Pingback: Empal Gentong……..specifique Food from Cirebon | Au coin de ma Cuisine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s