Lontong Cap Gomeh


Seingat saya….Lontong Cap Gomeh bagi keturunan peranakan China Indonesia,  dihidangkan beberapa hari setelah  perayaan tahun baru China atau Imlek….tetapi saat ini di Indonesia menu lengkap Lontong cap gomeh banyak disajikan di setiap acara-acara  istimewa,  yang paling kentara adalah acara Halal bihalal Lebaran… Pesanan kali ini adalah untuk Ulang Tahun …

Saya paling bingung kalo di suruh masak sedikit…..hehehe ukurannya jadi se enak-enaknya sendiri, akhirnya kadang lebih di sana sini….

Lontong  : pagi tadi karena untuk 100 ps saya membuat  Lontong dari 5 liter aronan beras, merebus nya selama 5 jam…entah kenapa ini adalah pesan dari para tetua, karena dengan  merebusnya lama membuat sang Lontong awet beberapa hari kedepan…

 

 

Sayur labu Siam : labu Siam di serut, rendam Ebi  (udang kering) lalu lumatkan. tumis ebi tadi lalu sisihkan, tumis bumbu  (bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah yang sudah di haluskan) tambahkan Lengkuas dan daun salam, masukkan ebi lalu tuangkan air, Santan …biarkan tanak lalu masukkan serutan labu siam, beri garam dan gula sesuai selera, angkat.

Sambal goreng ati : kentang di potong kotak lalu di goreng kering, Hati sapi dipotong kotak lalu di rebus …sisihkan. tumis bumbu  bawang merah, bawang putih, cabe merah yang sudah di haluskan) tambahkan lengkuas dan daun salam, tuang sedikit air beri gula merah ..masukkan kentang dan hati sapi, tambahkan air setelah meletup-letup tambahkan santan instant , serasikan rasanya tunggu hingga agak kering lalu angkat.

Opor ayam suwir : Goreng ayam 3/4 matang, lalu suwir-suwir, haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jintan) tumis bumbu tambahkan lengkuas, daun salam, sereh…setelah matang di tumis masukkan suwiran ayam beri air dan santan serasikan rasanya lalu beri daun jeruk dan irisan tomat, biarkan tanak lalu angkat.

Pindang Telur : Berbagai cara untuk mebuat pindang telur…beberapa teman yang berada jauh dari tanah air..ada yang memakai teh celup untuk menambahkan kesan hitam..ada yang menambahkan kecap, kali ini saya memakai cara pada umumnya, merebus telur dengan daun jambu klutuk, daun bawang kupasan (bawang merah, bawang putih, bawang Bombay) sereh, daun salam, gula merah dan garam…setengah rebus pecahkan telur nya agar tekstur nya retak..setelah mendapat warna coklat tua.. angkat.

nah selesai sudah semuanya, tinggal kasih kerupuk…hmmmmmm sungguh makanan Indonesia lebih sederhana bumbu dan menghasilkan rasa yang sangat istimewa.

2 thoughts on “Lontong Cap Gomeh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s