Gulai Daun Paku


Hari Sabtu kemarin ini, ada yang harus dibeli ke pasar tradisional…biasanya minta tolong mbak dan supir..ndelalah sang supir pulang, jadi terpaksa lah aku yang jalan sendiri..(bukanya apa-apa…suka banyak macem yang dibeli tuuuh)..nah pas lagi belanja urapan ..nyempil lah  segerombolan daun Paku…aiiiiih..melihat warna nya yang cantik dan curly nya si daun, ga tahaaaaan beli deh dua ikat.

Kata emang yang jualan, “beli aja bu..kan kalo mau, belum ada tiap hari, disini pasokan nya dateng hari selasa dan sabtu dari Lampung” …..Wuaaah emang bener sih, kan aku belanja jam 04.00 subuh, si mobilnya baru aja pergi…karena ditunjukkin si emangnya “tuuuh bu..mobilnya mau ngider lagi…”

Jadilah aku siang ini uplek-uplek di dapur,  inget sama tante Wen (suku Padang, pernah kasih resep waktu aku SMP di Medan) 

Gulai Daun paku

Bahan :

2 Ikat besar Daun Paku (ambil yang mudanya)

1 kelapa diambil santan kentalnya

Bumbu halus :

2 siung bawang putih

7 butir bawang merah

1 ruas kunyit

1 ruas jahe

1/2 ruas lengkuas

5 butir kemiri

1/2 ons ebi (rendam sebentar)

1 ruas terasi medan

25 butir cabe rawit hijau

1/2 sdm ketumbar bubuk

Bumbu pelengkap :

3 batang sereh

5 lembar daun jeruk

3 butir Asam kandis

15 butir cabe rawit merah

Cara membuat :

bumbu halus ditumis sampai hilang bau mentah kemiri dan kunyitnya, masukkan santan dan bumbu pelengkap, aduk-aduk supaya tidak pecah santannya, sudah mulai mendidih masukkan daun paku, sambil terus diaduk..biarkan hingga daun empuk, lalu angkat.

Teringat akan betapa tradisionalnya makanan ini untuk daerah Sumatera, jadi pengen ikutan Indonesian Food Party  (IFP) di blognya mbak Tata Bonita … 

Nah mudah-mudahan semakin kaya akan khasanah resep masakan Indonesia… selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s