Bulgogi ( Korean Beef Barbeque)


Siang ini ada pesanan dari pelanggan, hehehe…menu dengan segala varian dah beliau coba..yang penting Macaroni Schootel dan salad nya ga berubah…yang di request balik adalah nasi goreng Teri.. yang baru dipesan adalah Korean Barbeque nya kita…untuk Catering prasmanan,  Bulgogi ini berubah wajah nya..karena sebetulnya ini makanan di stall…jadi dia ga sepenuhnya di bakar …tapi lebih ke numis gosong…hehehehe

Beef Bulgogi  (Korean Barbeque)

Bahan :

1 kg Daging di slice tipis

3 butir Bawang Bombay

1 paprika hijau (kehabisan )

1 paprika merah

Bumbu :

Bawang putih, tumis dengan minyak wijen

Kecap, merica,  kaldu instan (optional)

Wijen yang sudah di sanggrai

Bumbu Marinade :

6  sdm  kecap manis

3 sdm gula pasir

2 batang daun bawang Rajang halus

1 sdm bijih wijen

1 sdt lada hitam

2 sdm minyak wijen

Bumbu halus marinade, di blender halus. Ambil airnya aja:

½  buah pear

½ buah apel

½ butir bawang Bombay

1 sdt bawang putih

1 ruas jahe

Cara membuat :

Campurkan daging slice dengan semua bumbu marinade, diamkan selama satu malam, atau minimal 1 jam.

Masak keesokan harinya dengan di tumis kering , masukkan bawang Bombay dan paprika, bumbui sedikit merica, kecap.

Mengikuti selera Indonesia, masyarakat pada umumnya deh…saya coba membuat Kimchi serasi di lidah orang kita… mengikuti resep asli tapi di rubah sana sini….

Di resep asli, Kimchi di buat paling tidak seminggu sebelum bisa disantap, nah..saya bikin hanya sehari sebelumnya.. jadi seharusnya Sawi putihnya di lumuri garam dan direndam seharian..saya ambil jalur cepat dengan menyiram sawi putihnya dengan air panas.

Kimchi ala  nickeJJ

bahan : 

3 buah sawi putih dengan kualitas baik, di lepas/potong bonggolnya..lalu siram air panas…tiriskan

bumbu :

5 sdm tepung ketan + air 7 sdm atau lebih sedikit, di panaskan api sedang aduk2 hingga mengental dan meletup2

5 sdm bubuk cabe

250 gram cabe kering, atau cabe kukus

2 butir bawang putih

2 sdm ebi (rendam air panas) atau bisa juga dengan jenis kecap ikan (fish sauce)

1 ruas jahe (haluskan/blender dengan bawang putih, ebi, cabe kukus atau kering)

gula pasir

wijen yang sudah di sanggrai

cara membuat :

semua bahan diaduk satu ketika air ketan masih panas, lalu oleskan bumbu halus ini ke setiap lembar daun sawi putih, lalu diamkan  dalam wadah ditutup plastik pelengket…(sebutan anak-anak dapur untuk, wrapping plastic)…letakkan di kulkas

 

Wortel, Lobak dan Timun : 

setelah semua sayuran ini di potong sesuai selera, saya hanya menambahkan bumbu gula pasir, sedikit garam, cuka dan jeruk nipis, minyak wijen dan bijih wijen yang sudah disanggarai..lalu diamkan semalaman…

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s