Andaliman


Rempah ini  jarang ada di Jakarta, saya selalu melihatnya di pasar tradisional seputaran dekat rumah saya di pondok kelapa… pasar kaget perumnas pondok kelapa, pasar Sumber Artha atau pasar Klender, ketika seorang teman bilang, susah carinya…saya langsung membelinya tanpa tau Andaliman ini dipakai untuk resep yang mana selain Arsik Ikan ala suku Batak.. Andaliman ini akan saya kirim untuk seorang teman baik dunia maya ..sebagian akan saya eksekusi untuk trial beberapa masakan… (udah dapet dari hasil Gugling barusan) …ada sambal Andaliman, Ayam masak Andaliman dlsb..

 

Harumnya sungguh bikin segeeer, ada bau seperti jeruknya… makanya enak kalo dibikin sambal andaliman … akan saya petik wacana dari Chef Windy 

Di Indonesia, bumbu ini hanya dipakai untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang-orang di luar daerah ini sebagai “merica batak”. Andaliman memiliki aroma jeruk yang lembut namun “menggigit” sehingga memberikan sensasi tersendiri pada lidah. Rasanya pedas, tapi tidak seperti cabai. Untuk masakan Asia Timur dan Asia Selatan, penggunaan andaliman cukup populer. Di Jepang dan Korea, tanaman liar ini dijadikan hiasan atau dipakai untuk menambah rasa pedas pada sup dan mi. Masyarakat Gujarat, Goa, dan Maharashtra di India selalu menyelipkan andaliman sebagai bumbu ikan. Selain sebagai bumbu masakan, andaliman juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan vitamin C dan E serta mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Semoga ada waktu untuk mewujudkan beberapa resep dari rempah-rempah ini…. petikan lainnya saya rangkum dari mas Budi Sutomo  sebagai berikut :

Andaliman termasuk dalam anggota marga Zanthoxylum    (suku jeruk-jerukan, Rutaceae), karenanya aroma andaliman hampir menyerupai jeruk limau. Cita rasa andaliman perpaduan antara pedasnya lada, wangi jeruk dan ada rasa “umami” atau lezat seperti bumbu penyedap vetsin, kemungkinan di dalam bumbu ini mengandung senyawa glutamat alami yang memberikan rasa sedap jika di gunakan sebagai bumbu masak. Cita rasa menyerupai vetsin ini terasa sangat kuat, pedasnya juga lumayan menggigit dan menimbulkan aftertaste lezat yang lama dan rasa kelu di lidah.

Selain untuk membumbui arsik dan saksang, andaliman juga bisa ditambahkan sebagai bumbu masakan seafood bakar, bahan campuran sambal tinombur, bumbu ayam goreng atau ungkep daging. Prinsipnya bumbu andaliman bisa ditambahkan dalam masakan apa saja jika anda menginginkan cita rasa pedas.

Penggunaan andaliman bisa dihaluskan atau ditumbuk kasar, di pasaran dijual dalam keadaan kering, segar atau serbuk. Gunakan sekitar 15-40 butir untuk membumbui 1 kg daging atau 1 liter kuah masakan. Andaliman segar memiliki aroma dan rasa yang lebih tajam dibandingkan yang kering. Selain sebagai bumbu masakan daerah Batak, andaliman juga populer dan banyak digunakan sebagai bumbu di dapur Asia, seperti masakan Thailand, Cina, Jepang dan India.

Ahaaaai menarik sekali bila sudah bicara macam-macam rempah dan kegunaannya… yuuk kita cobaaa ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s