Barbie Cake ……….theme “Kartini” with Batik Rereng Taleus


Hari ini…. Ulang Tahun nini Omi,  bikin Barbie dengan gaya Ratu Kebaya ah….. sudah pesan edible Batik ke Owner Dapur Vita dan belanja keperluan semuanya….tiba2 dua hari sebelumnya jatuh sakit…yang suaranya hilaaaang..bawaannya ngantuuk… mau tidur… dipaksain masak untuk service 100 orang…dah ga tahaan langsung tepar..

Nah masih keliatan ga rapinya kaan…semangat lah mengasah ketrampilaan…itu kebaya sebenarnya ga merah nge jreng lo, daya tangkap cameraku kok jadi menyala2 yaaa…? padahal warnanya merah maroon ..

Pertama-tama ide dateng karena nini Omi memang Ratu Kebaya di jamannya, jadi yang kebayang adalah bikin edible Batik Sunda,  setelah pesanan edible dateng dan pesanan patch work embossed dateng juga…di cobalah dengan embossed ini.. ternyata ga mirip batik Kawung…dia jalur nya agak memanjang ke atas, sedangkan Kawung kan bujur sangkar…(tadinya udah mau rajin, ngecetin satu2 pake lustre dust….halah khayalan, yang iya malah sakit fluu berkepanjangan..) akhirnya kembali pada edible…

di giling dulu fondantnya agak tipis..lalu oles air, tempel kan ediblenya, lalu di rimpel dengan hati2 dan berjarak agak besar.. lalu tempelkan di pinggul barbie..nah kan pasti agak gelembung..tekan sedikit lalu tutup sambil diratakan dengan fondant…supaya tetap bohay pinggulnya….

Setelah perkainan selesai….baru deh binggung yang bikin, dengan ukuran edible dan corak kain..ternyata ga nyampe pinggang, ukurannya…jadi terpaksa bikin modifikasi kebaya modern deh…pake rumbai ala 17 agustusan…(Indonesia banget deh..) ..nah jadi baru ditutup kebaya merah maroon lalu di oles rata dengan lustre dust warna merah maroon juga, ya ampuuuun mau kebaya nasional yang minimalis eee malah rame karena nutupin sambungan jaitan…hahahaha 

Nah selamat Hari Kartini, Selamat Ulang tahun nini Omi yang ke 90 th…bliau cantiiiiiik sekali, masih sehat..ingatan pun sangat baik.. semoga bisa menjasi inspirasi bagi semuanya…amiiin.  Berikut ini ada penambahan beberapa item yang mungkin berguna bagi teman-teman…seperti biasa kalau yang sudah biasa mah mungkin ga aneh lagi..cuma mungkin yang selalu dijadikan pertanyaan adalah “merimpel edible barengan fondant…?” …pada kenyataan nya pada saat ide ini muncul..saya maksa harus bisa, konsekuensinya kalo ga bisa ya terpaksa saya cetak fondantnya dgn patch work embossed yang memang sudah saya siapkan ..(jaga2 kalau si edible nya gagal….hehehe)

Sebenarnya yang membuat saya ingin memperjelas adalah karena beberapa teman Foodblogger di luar negeri yang mempertanyakan seperti apakah print edible image itu ?… mungkin setelah walking around di internet ketauan lah edible image seperti apa, yang jelas bisa di ma’em,  bayangkan gambarnya , design gambarnya, kirim design akhir kita by email dan  pesan sama ahlinya..lalu mereka akan kirim gambar ediblenya sesuai pesanan kita… this is it.. :

Akan kita terima berupa selembar gambar ukuran A4 biasanya, dengan ketebalan kira2 1 inch (agak tebal lah…) dia akan menempal pada plastik pengaman dan dua kertas di sisi luar gambar edibel tadi….harum baunya hasilnya lapisan gambar yang empuk dan agak mudah sobek

Keterangan Gambar Menempel Print Edible ke Fondant

Gambar 1 …saya gunting sisi kiri dan kanan …bagian bawah saya gunting berlekuk-lekuk supaya lebih naturelle dan mudah memberikan ruang gerak edibel dan fondantnya.

Gambar 2…setelah gilasan fondant siap…beri air sedikit dengan kuas untuk menempelkan gambar edibel ke fondant, jangan terlalu banyak…tadi karena menyuruh asisten masak  akhirnya  malah agak kebanyakan.

Gambar 3… Buka lapisan plastik pengaman gambar lalu tempelkan pada gilasan fondant

Keterangan gambar Merapikan Print edibel ke fondant.

Gambar 1 …lalu tempelkan gambar pada fondant lalu gilas sedikit biar rapi dengan rolling pin.

Gambar 2….ikuti garis lekukan gambar potong berjarak di fondantnya

Gambar 3….lalu rapikan  bagian atas  fondant dengan memotongnya jangan lupa beri jarak antar gambar dan  fondant..

Gambar 4.. Potong dan rapikan sisi nya kembali.

Keterangan merimpel gambar dan fondant.

Gambar 1…. Lekukan perlahan sejajar dari atas sampai bawah. 

Gambar 2….lakukan lagi lekukan kedua

Gambar 3 …dan lekukan terakhir

Gambar 4….sebenarnya, di fondant yang masih baru akan terasa kelenturannya, kita bisa mengeksplorasi tangan kita untuk membuat nya berkesan lebih alami dengan kerutan yang tidak beraturan, nah pada gambar ini saya hanya jelas kan prinsip dasar nya aja.

Keterangan akhir : Biasanya setelah di rimpel, ada celah2 yang tidak menempel si gambar pada fondant, kuaskan sedikit sapuan shortening diantaranya…lalu (anggap gambar ini sudah menempel ke pinggul barbie) setelah di tempel ke pinggul , tekan bagian atas fondant tarik ke atas sedikit hingga terpotong fondantnya, rapikan mengikuti pinggul Barbie, lalu tekan dan tidurkan rimpel gambar edibel.

Saya bukan penulis yang baik…hehehe semoga keterangannya dapat membantu teman-teman…..makasih selamat bereksplore…

8 thoughts on “Barbie Cake ……….theme “Kartini” with Batik Rereng Taleus

    • rimpel itu ada alatnya biar gampang namanya frill apa gitu..teteh ga punya, jadi hanya di jimpit2 pake ujung jarikaya kita ambil garem itu looo..sejimpit..trus di atur2 meliuk biar kaya aslinya ngelinting… pola baju semuanya kotak persegi panjang…di rimpel lebar..kalo udah gitu kan jadi menyudut segitiga kan…tempel paling ujung ke pinggangnya…

  1. hikss aku py alat rimple, tp gak bs pake nya..kebangetan yah te’…beneran deh practise make perfect..thx for inspiring me te nicke…saluut ih…cantik, pinterrr…*peluukk2 dah..

    • alatnya yang gimana ?…bulat (kalo iya setelah cetak di potong belah dua) tinggal pake tools yang gembung ujungnya runcing. tekan memutar kebawah ke atas..(jadi dua balikan ya) ..jadi deh ngerimple…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s