Arsik Ikan Mas


belum pernah ketemu sama miss Kiriwil yg satu ini, ketika dia pulkam… “mau apa Pep..?” langsung dia bilang “Arsik ikan Mas”… ah Gila, gw ga bisa buatnya Pep…belum pernah bikin dan nunggu kiriman dari jeng Citra.. tapi intip-intip resepnya di Anggraini Citra Kusuma kayanya nyempetlah… biarin yang nge test Pepy Indoeats aja…. 

“Pep….semua ngikutin instruksi yang Citra bikin, plek ketiplek, aku cuma salah aja di bagian penambahan gula, dasar we orang Jawa aku mah, rada ga bisa kudu selaras..!!!”….

Ngeliatin dia makan…seneng rasanya, mukanya happy banget kaya nemu apaan gitu deh…secomot..segumpil..sampe dia telusuri kepala ikan, mata ikan dan duri2 nya…

Kasian deh, harusnya dua jam masak si ikan, tapi karena pagi udah heboh dengan pesanan catering, jadi masak satu jam sebelum jalan ke tempat Peppy.. 

ARSIK IKAN MAS ala Aggraini Citra Kusuma

(untuk 2 ekor ikan mas merah @ 6-8 ons)

Bumbu Halus

15 siung Bawang Merah

5   siung    Bawang Putih

8 butir Kemiri

15 Cabe Merah Keriting ( sesuai selera)

5 cm Jahe

3cm Lengkuas Muda

10 cm Batang Sereh bagian Putih nya

3 cm Kunyit tua

1 sdt ketumbar halus 

Bumbu pelengkap

Daun Salam 6 lembar

Daun Kunyit 4 lembar sedang

Lengkuas Tua Geprek

Batang Sereh 10-12 batang

Kuncup Bunga Kecombrang/ Kencong 3 – 5 buah

Andaliman 20-25 butir digeprek

Bawang Batak ( saya nggak tahu nama lainnya, maaf), 150gram

Asam kandis 2 buah

Tomat 2 buah diparut

Garam secukupnya ( dicampur ke bumbu halus)

Cara Membuat:

–  Susun diatas kuali/wajan, batang sereh yang sudah digeprek, kuncup bunga kecombrang juga yang sudah digeprek, diatasnya taruh beberapa lembar daun salam dan daun kunyit.

–  1/4 bagian bumbu halus dimasukkan ke belahan perut ikan yang sudah dibersihkan, balur ikan dengan sebagian bumbu halus, letakkan diatas susunan alas tadi, siram dengan sisa bumbu halus dan andaliman yang sudah digeprek

– taburkan lagi daun salam, daun kunyit dan lengkuas geprek, asam kandis.  beri air sedikit saja, jangan sampai ikan tenggelam. 

– Tutup wajan, masak dengan api kecil. setengah masak, taburkan bawang batak dan parutan tomat, tutup lagi

-masak sampai air asat/habis sekitar 1- 2 jam.

– Ikan dibiarkan saja, jangan di bolak balik.

saya sisipkan gambar beberapa rempah yang biasa dipakai untuk masakan tradisional dari  Sumatera Utara :

Kecombrang, bisa dibaca keterangan lain nya di DetikFood …,banyak versi cara menyebutkan nya  saya ambil  dari Wikipedia  

Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bungabuah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung (Medan), kincuang dan sambuang(Minangkabau) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa.

Temen-temen yang lain Emmy dan Nella bertanya…”bawang Batak itu apa ?? ” sebenernya di Bandung juga sering ada, tapi ga di iket2 kaya tampilan Bawang Batak…saya ingat karena alm nenek dan saya sering makan berdua hanya dengan menumis nya dan dibubuhi sedikit kecap… kayanya bahasa Indonesia lebih tepat ke bawang Lokio…

3 thoughts on “Arsik Ikan Mas

  1. Pingback: Arsik Recipe (Spiced Carp with Torch Ginger and Andaliman - Mandailing Style) | Indonesia Eats

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s