Sate Buntel SOLO


Nah Idfb bikin PR buat kita….bikin “SATE”…waaah jadilah tadi pagi nitip ke pasar beli daging ‘Mbee’.  Sebetulnya mau laporan Sate Maranggi, tapi ternyata udah ada dua orang..memang dari awal pengen bikin antara dua ini, kalo ga Maranggi ya si Buntel.. karena bertahun-tahun selalu keinget Sate ini dan ga pernah lagi ngerasain..padahal beberapa kali sudah bolak balik ke Solo..kok ya lupa mau beli sate Buntel..

 

 

 

 

 

Dulu sekali ketika masih sekolah di Solo… saya ikut berkeliling dengan Bapak  (detailer obat-obatan) ke dokter2 di sana… nah kan hujan kalau ga salah..terus Bapak  bilang “karunya kahujanan, …ke’ nya’ urang nyate..raos pisaan” ….(artinya “kasian kehujanan, ntar ya..kita nyate..enaak sekali”)…lalu sambil menembus hujan rintik2, pake Vespa butut..berhenti deh di warung sate.. sambil nunggu saya ngeliatin sate demi sate dibakar oleh  masnya, masih ingetlah seperti apa..

Lalu terdamparlah saya di blog ini  ….melihat caranya….waah persis nih dengan ingatan ketika kecil dulu… maka ini dia resepnya yang di tulis oleh “Mlandhing” 

Sate Buntel SOLO  oleh mbak  “Mlandhing”

BAHAN:
500 gr daging kambing, cincang
100 lemak jala kambing 
2 sdm minyak goreng
10-15 btg tusuk sate

BUMBU dihaluskan:
5 siung bawang putih
3 btr kemiri
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica butiran
1 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1 sdt garam

SAMBAL KECAP:
10 bh cabai rawit merah
5 siung bawang merah, cincang
1 bh tomat, buang isinya, poting dadu
10 sdm kecap manis
1/4 sdt garam
1 btr jeruk limo, ambil airnya (bila suka)

PELENGKAP:
2 bh tomat, iris serasi
5 bh bawang merah, iris tipis
merica bubuk

CARA MEMBUAT:

  • Sambal kecap: aduk semua bahan hingga rata. Sisihkan.

  • Tumis bumbu halus hingga harum. Biarkan dingin.

  • Campurkan bumbu halus dengan daging kambing. Aduk rata. Bagi adonan menjadi 10-15 bagian.

  • Tusuk masing-masing adonan dengan tusuk sate, bentuk menjadi oval memanjang.

  • Siapkan lemak jala kambing. Potong sesuai ukuran sate buntel. Lakukan hingga semua sate terbungkus lemak jala.

  • Bakar sate di atas bara api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. Balik-balikkan sate agar matang merata. Sebelum diturunkan dari bakaran, olesi dengan sambal kecap, bakar sebentar lagi, angkat. Sajikan dengan sambal kecap, irisan bawang merah, tomat, dan taburi merica bubuk.

TIPS & TRIK:

  • Daging kambing bisa lho diganti dengan daging sapi cincang.

  • Saat sate buntel sudah setengah matang, kerat-kerat sate di beberapa bagian, agar daging matang hingga ke dalam-dalamnya.


    Alhamdulillah saya dapet lemak jalanya…ketika saya melihat nya, sediiih rasanya inget alm. Bapak…kangen banget, beliau pernah bercerita..lihat lemak jaringnya teh, bagus ya ciptaan Allah…memang tekstur nya cantiiiik sekali, lentur tipis berjaring2 lemak… saya teringat beliau, punya taste yang bagus sekali untuk makanan, kalau nge test masakan.. beliau akan menyebut kekurangan nya bukan “kurang garam, atau kemanisan” …tapi akan berkata ttg bumbu2 yang ada di dalam masakan itu….misalnya ini kebanyakan daun salam…laosnya kebanyakan juga,  salah masukkin santan atau terlalu tanak …  mungkin karena saya dilahirkan duo itu…. maka saya bisa seperti ini, Alhamdulillah…






    Coba dehhhhhh ….endang gulindang looooo

6 thoughts on “Sate Buntel SOLO

    • Yuuuk coba kalo dah mau musim iedul Adha… kan pasti de’Hesti potong ‘Mbee…jangan lupa sama tukang potongnya minta “Lemak Jalanya” cabtik dehh… buat buntel cincangan dagingnya de’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s