Nasi Liwet Sunda


Masih butuh yang empuk-empuk,  kali ini bikin nasi liwet ala Sunda deh.. nasi ini di tanah Sunda banyak model dan macamnya, sesuai daerah masing2.. ada yang di siram Teri goreng, ada yang dimasukkin peda goreng, ada yang pakai pete… variasinya banyak..basicly sama semua, ada bawang merah, salam dan sereh…alm. mama mengajarkan..bawang merah potongan besar cemplung-cemplung dengan salam dan sereh, telur ayam dicuci bersih kulitnya lalu ikutan di liwet ….garam hanya sedikit sekali, karena begitu matang.. langsung di taruh mentega blueband dua sendok makan dan diaduk kedalam nasi nya…sehingga si nasi liwet ini berwarna kekuningan.

Nasi Liwet Sunda

Bahan :

250 gr beras di cuci bersih, sisihkan

air untuk memasak liwet, takarannya dikurangin dikit dari biasanya kita masak nasi

7 bawang merah di potong dua

43 lembar daun salam

2 batang sereh

1 gelas perasan santan cair, atau 3 sdm kara cair

2 sdm mentega

1 ons teri buntiau, goreng sisihkan

2 butir telur ayam

cara membuat :

Tumis dengan sedikit minyak, bawang merah (boleh kalo mau pake bawang putih), masukkan daun salam, sereh, lalu beras, telur utuh mentah dengan kulitnya,  santan, air… saya memasaknya dengan panci presto, kadang2 pakai rice cooker juga. Setelah matang.. angkat telurnya lalu kupas..aduk bersama nasi liwet tadi dengan 2 sdm mentega..lalu taburi teri goreng …

Beberapa ibu2 pada pemakaian rice cooker, ketika masih setengah jadi..si teri di tabur diatas nasi liwet tadi..lalu ditunggu matang…(sama seperti sistem caserolle, mau peda, atau pete..silakan)

Seharusnya masak pakai Casserole lalu memasaknya beri tatakan genteng atau seng, atau bekas tutup kaleng biskuit yang ditumpuk2.. pointnya antara api dan caserolle cukup jauh letaknya.. gambar berikut ini saya ambil dari blognya Titisae 

Yang ini saya ambil dari Rumah makan  ibu Ika

Gambar yang ini kelihatannya pakai panci yang terbuat dari baja, mungkin lo yaa… Rumahku asri

Nah seperti ini tampak dari depan…kalau di Bandung banyak yang menjual, yaaahhh maklum hampir semua nya bikin nasi liwet Sunda.. dari blognya Freewebs

Ulasan dari blognya Anak Jajan

maka sebagai penutup ini dia ……..foto ala buru-buru laper

3 thoughts on “Nasi Liwet Sunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s