Long Macaroni Carbonara


Idul Adha ini…benerrrrr deh ga pengen masak apa-apa, just stay at home with my teenages boys…dateng adik dr Bogor, malah ponakan maunya indomie goreng, lucunya (selalu saya perhatikan para cucu keluarga Mamah) mereka semua pada bisa masak dari  SD..dengan khayalan membuat ini dan itu, tidak secanggih ibu bapaknya…tapi sudah punya taste..hal yang paling minimal mereka lakukan adalah “bolak balik ke dapur” ketika masakan dalam proses….. mbak yang masak nih ceritanya, yang satu akan check..”jangan lupa telurnya, jangan mateng-mateng ya mbak” atau ” aku mau telurnya setengah aja, ukuran yg kecil kalo ga..” “mbak, itu bagusnya campuran bumbu dikasih sedikit cabe keringnya’… balik lagi dia nge check..”mie nya harus mateng ya mbak…” 

Pagi tadi anakku yang gede (19 th) sudah mendata..”ibu mau masak apa siang ini untuk kita?” …”oke, kakak mau liat caranya” … “kenapa disebut Carbonara?” nah terpaksa saya googling artinya di Wikipedia, Carbonaro adalah sebutan untuk tungku bara, then saya artikan pasta nya dimasak (tumis) diatas api….”ooooh jadi gituuuu…”

 

 

 

 

 

 

Carbonara ala nickejj

 

Bahan-bahan :

Pasta (rebus dalam air dengan kandungan sedikit minyak dan garam) Penne, macaroni, spagetty atau lainnya..kebetulan di rumah adanya long macaroni (tadi pakai dua pack)

Mentega untuk menumis (saya pakai agak banyak, di awal menumis 7 sdm, di pertengahan proses memasak saya tambah lagi)

1 sdm bawang putih cincang

1 buah bawang bombay (potong kotak)

1 buah paprika (potong kotak)

2 buah tomat sayur (potong kotak)

250 gram udang segar

15 buah baso (potong kotak)

1 kaleng jamur diiris

5 sdm sauces tomat

1 sdm merica bubuk

2 sdm oregano

250 gr rawit merah dibelah dua Iyang ini versi saya dan kakak, penyuuka pedas) 

 

 

Cara membuat :

Tumis mentega dan bawang putih, haruuum..masukkan potongan bombay, tomat, paprika, jamur…lalu udang, baso, setelah udah 3/4  matang  (biasakan tidak terlalu lama memasak seafood) masukkan pasta yg sudah di rebus, lalu saus tomat, merica, garam dan oregano, beri air sedikit supaya rata dan tanak, beri lagi mentega supaya keliatan light.. angkat untuk versi pertama (kira-kira setengahnya) ..yang setengah lagi saya masak lalu dengan  memasukkan cabe rawit supaya rasa nya meledak-ledak….

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada resep-resep Carbonara…banyak cara pembuatnnya yang memakai heavy cream, kuning telur…nah ini saya skip supaya rasanya lebih ringan dan Indonesia…

 

 

 

 

Leave a Reply

