Galette de Roi …with Classique Puff Pastry


Pate Feuilletee…demikian nama Perancis dari Puff Pastry, pada methode yang baru-baru, hampir semua Puff pastry memakai korsvet…..saya pernah mencoba dengan memakai korsvet tapi yang dihasilkan ternyata memang lebih ringan dan tidak seperti aslinya. lalu pada kesempatan yang agak dipaksakan ini..ngejar setoran ikut Bread week NCC , saya mencoba untuk membuat Classique Puff pastry dengan hanya menggunakan butter.

Badge-1

Resep Classique Puff Patry banyak beredar di net, dalam berbagai bahasa …karena Kue ini termasuk kue tradisional Perancis berabad-abad yang lalu, dan mempunyai makna cerita di dalamnya, yang bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sekarang,… misalnya pada dulu kala..Kue ini dibuat untuk pemilihan Raja, maka pada jaman sekarang siapa yang mendapat coin Raja di dalamnya (atau bentuk Kuda pada festival kuda) bisa untuk  sebuah pengharapan, doa dan keberuntungan…tapi hanya ada di bulan Januari looo… 

Resep kali ini saya ambil dari Meilleurduchef.com ada beberapa yang saya bingung pada pemilihan butter, ini kalo Indonesia punya, butternya gampang leleh dan ga kaku.. ternyata betul..komposisinya masih belum pas, terlalu berminyak akhirnya saya memberanikan diri untuk menabur tepung disetiap gilingan ..tiba-tiba saya melihat di KBB (Klub Berani baking) ada ulasan mengenai ini ….bahwa sang butter di mix dulu dengan tepung untuk mengatasi kelembekan butter…waaaahhh cocok sih instingnya, tapi KBB lebih detail methode nya…wiiis telat..tau gitu saya pake methodenya KBB deh, ga papa next coba lagiii deh ! kalau mau liat Classic Puff Pastry nya KBB silakan dilihat ya …. lalu untuk isian nya “Creme d’Amande” atau Cream Almond saya ambil di blognya Chocolate and Zucchini.

2 thoughts on “Galette de Roi …with Classique Puff Pastry

Leave a Reply

