Jojorong ala Banten, Indonesia


Kue tradisional ini adalah benar-benar kesukaan saya, terbuat dari gula Aren yang memang rasanya ga ada yang nandingin, Gula Aren INDONESIA gitu loo..

 

 

badge JTIW

 

 
Sebelumnya saya ngobrol dulu dengan sahabat baik saya yang tinggal di Bandung, Diapun bertanya pada ibunya..lalu mengalirlah catatan-catatan resep milik sang ibu dari sebuah buku “Menu Makanan jajanan (Kudapan) Khas Jawa Barat”  dari Pemerintah Jawa Barat, Forum koordinasi program makanan tambahan anak sekolah (PMTAS) 2001, Wiiih Keren sekali isi dan makna nya.
 
Ada beberapa resep yang ingin saya coba di dapur, tapi begitu ada catatan “harus tepung Beras yang baru digiling” selalu saya skip, karena belum menemukan pasar di sekitar perumahan saya yang ada penggiling beras tumbuk. Akhirnya saya putuskan untuk membuat jajanan kesukaan saya… “Jojorong ala Banten”
 
Melalui percobaan, juga melihat beberapa gambar di Google, saya mencobanya dengan hati-hati…betul kaaan, yang paling parah adalah membuat “Takir”….euuuuleeeuhh bocor wae..!! (bocor melulu… )..waaah pokoknya heboh berceceran kemana-mana.. akhirnya saya dobel lipatannya lalu saya lapis sekali lagi…dan berhasil !!

 

Picture 449

Picture 444

Picture 448

Jojorong ala Banten (Jawa Barat)

Bahan :

1 bungkus tepung Beras (Rose Brand)

2 buah Gula merah

2 butir kelapa

daun pisang

daun suji (pasta pandan)

6 gelas air

Cara membuat :

Tepung beras diuleni dgn 2 gelas air gaun suji sedikit demi sedikit, kemudian sisihkan  1/4 dari adonan tadi untuk dijadikan jajadul.

4 gelas air dimasak sampai mendidih lalu masukkan ke dalam adonan yang banyak (3/4 nya)

Cara membuat Jajadul :

Adonan yang 1/4 tadi dicampur dengan air santan 5 gelas, garam secukupnya.

Daun pisang dibuat takir (untuk wadah nya), gula merah diiris masukkan dalam takir (1 sdt) ditambah adonan nya (2 sdm), lalu dikukus kira-kira 10 menit, sesudah matang masukkan jajadul secukupnya terus dikukus lagi kira-kira 10 menit.

Catatan : Kelihatan nya Jajadul ini sebutan atau rumusan yang menyatakan sebuah resep dasar kue, layaknya kita menyebut “Kinca” (berarti kita harus membuat saus gula merah)

 

 
Alhamdulillah, Resep ini tidak saya rubah sama sekali..berarti apa yang diinformasikan oleh buku ini betul-betul melalui catatan dan pengalaman para Chef Tradisional Indonesia. Next saya akan mencoba beberapa resep lainnya. 
 
Salam Cinta Jajan Tradisional Indonesia 

Picture 462

7 thoughts on “Jojorong ala Banten, Indonesia

  1. Waaahh jojorong khas banten alias jejorong kalo di kampung saya mah teh di Serang sana… Dulu wktu sy kecil kalo tiap acara selametan pasti ada nih jejoron bareng sama temen2nya si gegembleng (nagasari),bugis, dan sumping tane..tp skr jarang bgt jejorong ini ada paling gegembleng dan bugis yg masih ada..ga kepikiran bikin jejorong setelah liat lapaknya teh nicke ini jd terinspirasi deh..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s