Dodol Kacang Merah


Laporan saya yang terakhir untuk event Jajan Tradisional Indonesia Week (JTIW)…

 

badge JTIW

 

 

Cerita orang yang baca resep hanya sekejap….? ya saya ini, dalam resep terbaca “kulit jagung” untuk membungkus. minta tolong lah saya untuk menjemur kulit jagung…
 
Setelah memulai persiapan bahan, dan membaca resep sekali lagi, melotot deh mata dan geli sendiri..ternyata si adonan dodol dibungkus di kulit jagung yang masih mentah..lalu di jemur berbarengan dengan dodol di dalamnya, hingga kering…..hadeeeeuuuuuh !!
 
Gimana yaaa…akhirnya, kulit jagung yang sudah kiriwil tadi saya rendam air supaya melunak… sambil mikir..alaaaah pantes aja si dodol bisa keras..da ternyata dijemur barengan….hihihihi  hebaaaaaat nini-nini kuliner jaman duluu, kepikiiir aja caranya !!
Picture 680
Picture 687

Dodol Kacang Merah (source : resep masakan buat usaha)


bahan:
1/2 kg kacang merah  yang telah di rebus,dan tiriskan (choper bila sudah dingin)

750 gr  gula merah aren

1ujung sendok paneli bubuk 

4 lembar daun pandan

pelepah jagung ,untuk bungkus

1 liter santan yang di ambil dari 1 butir kelapa (kara)

cara membuatnya:
kacang yang telah direbus haluskan, air santan masukan kedalam wajan dan masukan gula,aduk-aduk sambil direbus sampai mendidih,masukan lacang dan terus di aduk sampai mengental dan angkat,setelah dingin bungkus dengan daun jagung dan jemur sampai kering,selamat mencoba.

 

Picture 679

Picture 681

Seperti biasa …saya ga pandai membungkus nya…jadi saya terpaksa memakai cara-lain yang masuk akal ..hehehehe, dibungkus plastik dan diberi pita, atau dibungkus memanjang ala lepet… demikian laporan di penghujung acara..

 

Picture 684

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s