Kerropi Bento


Menjamurnya nasi kotak bekal anak ala Jepang, membuat saya berani menerima tantangan untuk membuatnya sebagai bagian pesanan terlucu di Dapur kania…Indonesia mengenalnya dengan sebutan “Bento” atau di jepang disebut “o-bentō” adalah istilah untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain.

Ciri khas bentō adalah pengaturan jenis lauk dan warna agar sedap dipandang serta mengundang selera. Bento dapat pula dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut kyaraben. Kemasan bento selalu memiliki tutup, dan wadah bentō bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bentō, walaupun bentō bisa dibeli di mana-mana. Di Indonesia, hidangan ala bento mulai dipopulerkan jaringan restoran siap saji Hoka-hoka bento  sejak tahun 1985.

Picture 733

Picture 737

Picture 736

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menerima pesanan ini, lalu saya kesulitan dalam mengatur waktunya karena ternyata untuk dekorasinya saya membutuhkan waktu untuk focus mempercantik tatanannya.  lalu saya berusaha untuk serius dalam hal ini, mengambillah beberapa kursus singkat mengenai bento…membeli beberapa buku Bento, dan mengobrak-abrik Youtube untuk melihat rincian decorasi…..nah ini dia beberapa kreasi hasil saya kursus.

bento

Leave a Reply

