Pontianak, West Borneo


Dengan waktu yang sangat singkat, saya mencoba menyerap kota ini dibantu berbagai keterangan yang dilontarkan sahabat saya Wiwi Dwi (teman SMA)…kota yang multi etnis, Melayu, Chinese, Jawa dan Madura serta penduduk aslinya “Suku Dayak” 

Tgl. 14 Maret 2014 ..adalah schedule saya berbelanja bahan-bahan untuk “Ethnique Barbie Class” ..pagi sudah jalan sarapan “bubur pedas” sayang lupa mengambil gambarnya, saya ngobrol dengan wiwi karena belum ada kesempatan bercerita segala macam tentang visi dan misi …sambil melepas rindu, kita adalah alumni SMAN 8 Bandung…hihihihi pensiunan Vocal Group SMAN 8 angkatan 1985..

Tujuan yang pertama kali adalah “Equator Monument” di luar kota sedikit dari Pontianak, tiba-tiba saya melihat kelenteng di pinggir jalan…megah… 

 

IMG_9685

 

 

IMG_9688

IMG_9654

IMG_9657

IMG_9658

IMG_9660

IMG_9666

IMG_9661

IMG_9663

IMG_9667

IMG_9665

IMG_9673

 

Saya mengambil beberapa photo sambil mendengarkan beberapa keterangan yang di uraikan oleh Pemandu “Tugu Khatulistiwa” keterangan lengkap bisa kita baca di link ini, Equator Monument

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titikkulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.

Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan.

 

 

IMG_9677

 

IMG_9682

 

IMG_9679

 

IMG_9674

 

IMG_9684

 

IMG_9678

 

 

Sambil jalan pulang saya melalui  lapak-lapak yang berjualan buah-buah dan beberapa jenis sayuran, saya membeli pepaya Madu yang kecil dan bulat…..ada Lidah Buaya yang super besarnya, Keladi, dan Daun pakis yang imut-imut.

Naaahhh …pulangnya saya diajak mencicipi camilan “Chai Kue”….kalau di jakarta saya sering beli di Mangga dua Choi Pan… kata yang jualan memang ini Choipan, beda di suku bahasa Mandarin aja penyebutan nya…style rasa semua sama, taburan rasa ebi dan bawang putih goreng beda di subjek nya dibungkus kulit halus dr tepung beras, tersaji diatas parutan keladi kukus yang berbumbu sedikit manis, ataupun Mipan (seperti talam beras) di paket dengan mangkuk-mangkuk kecil.

Sudah banyak yang membuat “Chai Kue” ini dengan membuka warung-warung Chai Kue disekitar Warung yang asli yang pertama dan rame..jadi jangan salah..yang benar adalah yang ini.

 

IMG_9713

 

saya mencoba beberapa makanan Mi pan, Ou Kue dan es kacang merah yang  Yahuuuud dan enak rasanya, sebenernya ini kacang tolo bukan kacang merag (breneboun) yang kita tau….

 

 

IMG_9695

 

 

IMG_9707

 

IMG_9693

 

 

Ada 4 macam isian untuk “Chai Kue”…Kacang hijau kupasan, Keladi, daun bawang dan bengkuang…harum semerbak minyak wijen dan bawang putih goreng.

 

 

IMG_9702

 

IMG_9705

 

 

Chai kue

 

 

ketika kembali ke kota..saya melewati  Kathedral yang sedang di bangun…masih dalam keadaan belum di cat, kata Wiwi ini kalau sudah di cat pasti warna warni…sesuai dengan warna Pontianak (suku dayak) yang bernuansa kuning, merah, dan hitam.

 

 

IMG_9718

 

 

IMG_9725

 

IMG_9717

 

IMG_9721

 

 

Pengalaman yang hanya sepintas, semoga ada waktu, rejeki dan jodoh serta sehat..mudah-mudah bisa jalan-jalan lagi ke lain tempat… terima kasih Wiwi…sudah mengundang saya ke Pontianak.

 

Leave a Reply

