Deco Roll Cake


Trial….mari kita coba, ga berani coba dari dulu niiih, karena kebayang ribetnya ! Memadukan tehnik gambar di kue.. masalahnya kita harus kenal betul adonan cake nya, tehnik bakarnya ketika memadukan pola gambar pada adonan.. 

Nah kali ini saya pakai tehnik aslinya yang punya Junko Japaneese Roll Cake, saya ambil dari blognya Fae-Mom resepnya saya copas ya.

 

 

IMG_0953

 

 

IMG_0957

Super Soft & Kawaii Decorated Japanese Roll Cake
(Source:  Chao Roll Deco building more! Roll Cake Patterns Book by Junko)

Bahan:
Adonan kuning telur:
6 btr kuning telur
20 gr gula
60 gr fresh milk
45 gr minyak sayur/minyak goreng
100 gr tepung terigu protein rendah
15 gr tepung maizena

Untuk dekorasi/gambar:
20 gr putih telur (diambil dari 6 btr putih telur)
10 gr gula
Pewarna  makanan secukupnya (sebaiknya pilih pewarna jenis pasta)

Adonan putih telur:
5½ btr putih telur (sisa dari dekorasi)
70 gr gula

Filling:
Sesuai selera, bisa whipcream, ice cream, pasta/selai, dll
Buah kaleng atau buah segar

Perlengkapan: 
Manual >> Siapkan selembar parchment paper/kertas roti sesuai ukuran loyang. Mulailah menggambar desain yang diinginkan dengan sebuah ballpoint (jangan gunakan pena yang tintanya merembes ke sisi belakang kertas). Setelah selesai balikkan kertas, oles sedikit minyak agar gambar yang ada disebaliknya lebih terlihat jelas. Letakkan kertas roti berdesain di dasar loyang ukuran 26x35cm yang telah dioles dengan margarin. Bila perlu selotip/plester sisa pinggiran kertas roti ke dinding loyang agar tidak bergeser.

Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dengan 20 gr gula hingga pucat, tambahkan susu cair dan minyak, aduk perlahan hingga rata. Ayakkan tepung terigu dan maizena sedikit-sedikit dan aduk rata. Sisihkan.

2. Ambil 30 gr adonan, beri pewarna sesuai selera.

3. Kocok bahan tambahan dekorasi hingga soft peak, lalu tambahkan adonan kuning telur secukupnya yang sudah diberi pewarna, aduk rata.

4. Masukkan adonan dekorasi ke dalam plastik segitiga dan mulai membuat motif. Bila terdiri dari beberapa warna, mulailah dari warna pertama lalu oven selama 1 menit pada suhu 170 °C. Keluarkan, lalu mulai melukis dengan warna kedua, oven lagi 1 menit, begitu seterusnya hingga seluruh motif selesai.

5. Kocok adonan putih telur hingga kaku, campurkan ke adonan sisa kuning telur,(saya beri pewarna coklat dan rasa mocca) aduk rata. Tuang ke atas loyang yang sudah dilukis. Ketuk-ketuk bagian bawah loyang untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap di dalam adonan. Oven selama 12 – 13 menit (saya 15 menit) pada suhu 180 °C.

6. Setelah permukaannya kuning keemasan (kalau perlu 5 menit terakhir taruh loyang di rak atas), keluarkan dan dinginkan. Balik cake diatas selembar kertas roti. Lepaskan kertas roti bagian atas (bagian bermotif), hati-hati melepaskannya karena mungkin saja ada beberapa motif yang terangkat karena menempel pada kertas roti dasar. Balikkan kembali. Oleskan permukaan dengan filling, tata potongan buah segar diatasnya. Gulung. Simpan di dalam lemari es sebelum dipotong.

 

 

IMG_0958

 

 

IMG_0954

 

Oh Ya…filing yang saya pakai ..Buttercream Hollman yang sudah jadi dikasih parutan keju kraft

 

Saya coba dengan tehnik dan sesuai resep, kekurangan hasil terdapat di penggunaan pewarna yg saya pakai pewarna cair sehingga pada saat saya taruh di pola gambar agak mbleber, teksturnya kurang padat…atau bisa jadi terlalu soft peak, belum mencapai soft peak yang benar.

 

Adonan Cake seharusnya dituang pada bidang loyang ukuran 26×35 cm, tapi di rumah adanya 26×26 jadilah agak tebal adonan nya..

 

But anyway saya puas dengan hasilnya, nati akan saya coba lagi …dengan resep yang lain..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s