Wedding Cake


Saya Pilih untuk membuat Wedding Cake untuk Marizka Fidia Putri, ketika saya merasa tidak mampu membantu nya “riweuh” di Bandung, sudah pasti service kontrak saya untuk UI tetap harus berjalan…lalu disela kesibukkan terbuatlah karya ini.

Setelah dia berteriak …”aku mauuuuu bubuuun…” lalu saya bertanya..”seperti apa baju resepsi nya ” lalu dikirim foto Putri dengan gown pink  melalui WhatsApp,.. bagaimana rambutnya ? “sanggul biasa dengan bunga Rose pink, dan inisial Huruf…..hanya itu yang saya tanyakan, selebihnya saya hanya membayangkan, tentunya begini dan pasti begitu…, 

 

 

IMG_1848

 

 

put doll cake

 

 

IMG_1967

 

 

Nah cerita step by step ringan yaa… semua terbuat dari dummy styrofoam cake, paling bawah berukuran diameter 29 cm, dengan tinggi 20 cm, dummy kedua diameter nya 24 cm dengan tinggi yang sama 20 cm, pertama saya siapkan bunga dengan tehnik gumpaste flower tapi saya menggunakan fondant (gumpaste tidak bisa dimakan, sekedar info  sekarang satin Ice mengeluarkan produk gumpaste yang edible) dummy tadi saya cover fondant, langsung dua tumpuk, kemudian dummy terbawah saya decor ruffle flower.

 

 

IMG_1835

 

 

Dummy Cake kedua …inginnya siih pakai cetakan Sugar veil…cuma karena untuk saya itu termasuk mahal dan belum punya, akhirnya saya pakai sistim Royal Icing…saya buat dengan menggunakan “Meringue powder” bubuk pengganti putih telur, …dengan mengikuti takaran yang ada di dalam nya dan mengintip Google untuk mendapatkan gambar yang bisa kita tiru dan realisasikan untuk decor Royal Icing saya ketik “pattern lace crochet” atau  “pattern lace dentele (brokat)” bisa juga dengan “pattern Mehndi”…nah mulailah saya menghiasnya, menempelkan di atas cover fondant kedua.

 

 

IMG_1836

 

 

IMG_1841

 

 

IMG_1845

 

 

IMG_1844

 

 

IMG_1866

 

 

Assesoris yang seperti permata, berbentuk lembaran ini …saya potong memanjang satu lapis, lalu saya potong kawat yang agak tebal dan membentuknya menjadi inisial huruf I dan M..setelah terbentuk saya sempurnakan dengan menempel  permata yang selapis tadi dengan lem tembak…jadi deh ! inilah yang saya sebut cake bagian pertama.

 

 

Cake bagian kedua terdiri dari dummy styrofoam cake ukuran diameter 22 cm dengan tinggi 8 cm, saya cover fondant berwarna abu-abu, lalu saya tancapkan dummy rok doll  yang saya buat manual dari susunan styrofoam setinggi 23 cm di carving pakai cutter dan dihamplas berbentuk seperti corong atau rok ..

menyanggul doll cake dan mendecornya dengan bunga-bunga kecil menyerupai roses.. lalu mulailah saya mendecor nya, saya ingin mirip dengan Putri si doll cakenya, simple et elegante..jadi tehnik yang saya pakai adalah Royal Icing lalu saya bubuhkan lustre dust berwarna putih pearl dan pink (sedikit) ..saya campur dengan essence agar mudah larut dan kering, kemudian saya sapukan menggunakan kuas diatas royal icing yang menempel  di baju doll dan sudah kering, beberapa titik saya tempelkan mutiara-mutiara silver yang banyak dijual di Toko Bahan Kue… alas doll dan rok nya yang berwarna abu-abu saya sapukan lustre dust silver dengan cara yang sama, setelah kering saya tempelkan gliter yang edible berwarna silver…namanya Rainbow dust glitter

 

 

IMG_1864

 

 

IMG_1862

 

 

IMG_1861

 

 

IMG_1860

 

 

IMG_1859

 

 

IMG_1856

 

 

seluruh bagian tadi saya bawa ke  Bandung dan saya susun di Villa Sadak…

 

 

IMG_1926

 

nck 1

 

 

IMG_1947

 

 

wk

 

 

IMG_1949

 

 

Total Fondant yang saya gunakan adalah 5 kg, menggunakan Fondx dan pewarna Wilton Pink,  Ketika saya sampai di tujuan dan melihat suasana pesta bernuansa “Shabby Chic” …aduuuh hati saya bermunculan gambar-gambar heart, flower, suasana sejuk, romantic dan elegant…adalah seorang Tata Mignone dari Zhafira Catering yang membuat suasana Garden Party ini berubah menjadi unusual… indah menawan…

 

 

booth 1 booth 2

 

 

booth 3

 

 

buffe 2

 

 

buffee 1

 

 

buffee 3

 

 

IMG_1944

 

 

10671388_10204950666632541_8828770974988593821_n

 

 

Dress Code nya  “white”… teman-teman sang couple harus bergaya Rock n Roll…so saya melihat  banyak  dasi kupu-kupu, celana sempit, bretel…untuk yang cewek  diminta untuk memakai gaun putih dengan sepatu sport karena garden party, ada camera yang terbang berputar di atas seperti capung..eh eh pesawat control yang kecil itu loo…band yang lagu-lagunya dikumpulkan atas request teman-teman couple.

 

 

IMG_1950

 

IMG_1953

 

 

IMG_1954

 

 

IMG_1903

 

 

 

 

IMG_1981

 

 

 

IMG_1982

 

 

 

 

 

IMG_1999

 

couple

 

8 thoughts on “Wedding Cake

  1. Dear Teh Niecke,

    Melihat, membaca dan mengamati apa yang teh niecke kerjakan sangat menginspirasi seperti membuat sesuatu yang impossible menjadi possible, seandainya dekat mau deh tiap hari tutorial dan manggang sama teh niecke… Bener2 keren teh , salutttt buat teh niecke

Leave a Reply

