Puding Bebek


Setelah melihat puding ini seliweran di Group FB Natural Cooking Club (NCC)…karena rasa sayang saya terhadap customer setia, sejak ia menikah…berusaha mempunyai baby sampai lama hingga akhirnya dianugerahi putri mungil…saya pun memutuskan membuat Puding bebek ini untuk acara Aqiqah …

Saya tau pasti butuh waktu yang lama untuk membuat puding ini, karena butuh ketelitian, betul-betul excited mengerjakan nya.. ketika selesai saya tumbang tidur dan tidur lagi

IMG_9797

IMG_9796

IMG_9795

 

Cetakan bebek saya beli di member NCC Subang mbak Lina Iknawati, saya membeli di hari kamis, kirim jumat, alhamdulillah sampai hari sabtu, ketika saya mengajar latbar basic dollcake, malam langsung saya kerjakan.

 

12584182_10206902308010286_1899365721_n

 

Sesuai resep yang saya lihat di postingan mbak Lina, saya langsung menghitung ..untuk butuh 75 cups saya harus mengkalikan sekian dan sekian, hasil akhir saya mendapatkan 65 cups, selebihnya gagal karena patah..

 

Pudding Bebek by Kartika Katarina

 

Resep pudding Bebek

(dari resep aslinya saya membuat 4 resep)

1 bungkus agar-agar plain (4 bungkus)

500 ml air (1000 ml susu uht + 1000 ml air total 2000 ml cairan)

2 sachet susu kental manis  (saya tidak pakai)

7 sdm gula pasir atau selera (200 gr gula pasir)

2 tetes (selera) pewarna kuning

 

 

Resep Kolam dalam Cups

1 bungkus nutrijelly plain, rasa leci, (6 bungkus nutrijelly plain, saya buat 4 resep, ternya kurang)

500 ml air

7 sdm gula pasir (selera)

beberapa tetes pewarna makanan biru

(beberapa tetes perisa Tutty fruty)

 

Cara Membuat 

Dua bagian bebek yang berbeda arah disatukan, diletakkan diatas kolam yang sudah dilubangi/dikeruk sendok, siram lagi dengan adonan jelly kolam, warnai dengan pewarna makanan menggunakan kuas atau cutton bud, mata ditotol ujung tusuk gigi, supaya rapih

 

Tips dan Trick 

  1. Cetakan bebek, akan ada dua sisi yang berlainan arah, anggaplah sisi kanan dan kiri, ketika harus membuat banyak seperti saya ini… buatlah bagian kanan dulu dengan mengisinya full. saya membeli dari Lina 8 buah cetakkan bebek…sehingga saya isi 8 jalur sebelah kanan dulu, ketika sudah set, hati-hati saya lepaskan bebek sisi kanan ini, lalu saya atur diatas piring (usahakan mudah untuk mengambilnya)

  2. panaskan kembali adonan agar2 kuning, tuang jalur sisi kiri bebek dengan isi 3/4 bagian bebek.

  3. Ada dua cara untuk merapatkan bebek kanan ke bebek kiri.  (yang pertama, ketika bebek kiri sudah set, tusuk2 badanya dengan garpu, tuang adonan agar kuning yang panas dengan sendok kecil hampir penuh (jangan penuh ya…lalu ambil bagian bebek kanan tempelkan diatasnya, tunggu hingga set, setelah set balikkan agar2 bebek full body, cungkil dengan ujung pisau runcing sedikit saja agar udara melepaskan badan bebek)

  4. Cara yang kedua adalah, ketika menuang adonan panas ke cetakan bebek bagian kiri, isi hingga hampir penuh, pelan2 langsung bebek kanan diletakkan di adonan panas bebek kiri…ini saya temukan caranya ketika sudah mulai mengantuk..)

  5. setelah kolam jelly biru cup selesai dilubangi.. siapkan adonan jelly biru panas untuk menenmpelkan bebek ke dalam kolam, harus panas yaa..tidak panas betul-betul bebek akan terguling dan tidak mau nempel.

Silahkan mencari jalan termudah untuk bisa membuat para bebek kecil ini duduk manis diatas kolam jelly. ohya saya menggunakan pewarna Ameri Color Orange untuk paruhnya karena agak padat cairan nya sehingga tidak mbleber ke badan bebek, untuk mata saya totol pakai coklat hakiki.

IMG_9798

IMG_9799

 

 

 

 

 

7 thoughts on “Puding Bebek

Leave a Reply

