Sekolah Kami, pemulung dan Dhuafa


IMG_2281“Sekolah Kami”  berada di Bintara Jaya IV kota Bekasi (bisa dilihat di koordinat GPS), sekolah ini ada diantara kerumunan petek-petak rumah para pemulung, ruangan di setting terbuka dan nyaman untuk belajar.

Sekolah yang peruntukkannya bagi para pemulung dan dhuafa ini telah berdiri selama 17 tahun (Woooow…).  Ketika saya diajak berkeliling oleh ibu Ina, pendirinya (lulusan kedokteran UNPAD) saya melihat anak-anak sedang berlatih angklung, ada yang 1 kelas baru saja selesai ujian SMBPTN, saya diperkenalkan ibu guru yang mengajar di kelas 1 SD, (semangaaat ibuu, kelas 1 SD umum adalah kelas yang tersulit dan harus sabar, apalagi kelas khusus seperti ini) ada beberapa anak yang berkumpul sedang membuat dompet recycle dari bungkus-bungkus sachet kopi instant, lalu ada beberapa camera man dari Trans 7 yang sedang meliput berbagai kegiatan di Sekolah Kami

s kami 3

Rupanya hari Selasa adalah hari Kriya, dimana murid-murid diajarkan berbagai kegiatan seni dan berdagang, melukis, membuat amplop dengan scrapt art simple, membuat pembersih lantai dari sereh, membuat sabun, belajar memasak yang mudah terjual dan terjangkau (entahlah ide saya langsung berhamburan ingin mengajar craft dan memasak disana, yang perlu dipikirkan adalah bahan harus mudah dan terjangkau)

Kelas bersama saya, selasa 16 mei 2017 yang lalu adalah belajar ukir sayur, saya langsung memulai nya, anak-anak sangat excited, memperhatikan detail tangan saya memutar-mutar pisau ukir sayur dan tips trick. saya demokan di sesi pertama ukir sayur ringan (pelajar rata-rata sepantar SMP) ketika tiba saatnya praktek, mulailah saya detail memperhatikan mereka belajar langsung. 

Tanpa disadari waktu sudah menjelang siang menuju  jam 13.00, saya telah menyelesaikan materi, dan siap mengabadikan karya mereka, takjub melihat semangat dan keasyikan mereka berbuah hasil yang indah, Good Job naak kalian semuanya.

 

 

Leave a Reply

