Tortila Bawal sambal matah


IMG_3051IMG_3045

Dari dulu sejak ada event Ketahanan pangan Lokal, saya pingin bikin tortila, Naan berbahan dasar non terigu, sebenernya bahan tortila juga dari jagung..tapi nyari tepung jagung yang tidak halus atau tidak sekasar beras jagung ga ada (mepet nyari sih) 
akhirnya saya milih pakai sorghum (ternyata ini bahan yang banyak dipakai untuk mpasi)

Titik point lomba menggunakan “Bawal” ..apalah saya hanya sekedar melihat gambar tortila dimana-mana cakeeeep ajah..

saya luruskan aja pemikiran saya :
Tortila pake tepung beras, tapioka, shorgum biar rasanya gurih saya pakaikan santan, gula dan garam, biar melembung gosong2 dikit, saya pake baking powder.

ikan bawal…saya cari yang bumbunya jarang di eksekusi kita, saya lah bikin bumbu gulai..cerita sang ikan yang harusnya dimarinate mentah, terpaksa supaya rasa gulainya keluar (kapol, kayumanis, jintan dll) saya tumis dulu baru dimarinate, dan digoreng dengan keharusan bumbu kudu nempel tergoreng kering di kulit ikan ..kenapaa ? supaya ketika di suir bumbu gulai tetep terasa di lidah.

Sambal matah, ini paduan segar untuk sang ikan

garnish : nenas dan kol ungu 
optional sauce.. mayo selai kacang

Tortila ini tidak dipilih untuk lomba, karena takutnya materi ikan bawal kalah sama sorghum.. anak saya yang kecil menunjuk makanan ini untuk dijadikan lomba.. suami keduanya, kakak pilih yang satu lagi..

sekiaaan

IMG_3048

IMG_3041

IMG_3050IMG_3038

Leave a Reply

