Oatmeal Pancake


Buat nya asal aduk tambah jadi bingung juga kalo sudah suruh menghitung bahan…biasanya rajin karena ada assisten, ini lagi sakit si mbak nya, jadi ga ada yang ngukur..

 

cats

Oatmeal Pancake

by nickeJJ

 

 

Resep :

(A)    4 sdm Oatmeal siram dengan air panas, sisihkan

(B)     8 sdm tepung terigu

2 kuning telur

200 ml (kurang lebih) susu cair atau susu kental manis di kasih air sebanyak 200 ml

2 sdm gula pasir (kalau pakai susu cair)

1 sdt baking powder

2 sachet vanilie

(C)  2 putih telur di mixer hingga kaku

Cara membuat :

bahan B diaduk rata, tambahkan bahan A, aduk kembali hingga rata lalu masukkan bahan C aduuk kembali…siapkan wajan teflon berukuran kecil, nyalakan api kecil saja,  lalu tuang adonan.

 

IMG_8916

 

 

IMG_8913

 

 

IMG_8912

 

 

IMG_8918

 

 

 

 

Mille Crepes Simple


Crepe atau pancake  itu biasa dimakan untuk sarapan atau iseng  di sore hari, kalo ini apa yaa… bangun pagi langsung ke dapur oprek2 adonan pancake, nyobain ditumpuk jadi satu seperti orang2 bikin yang disebut Mille crepes …hehehe Mille itu Ribu an, jadi biar trend disebutlah Mille Crepes karena terdiri dari tumpukan lapis pancake.

Resepnya dapet dari blog ibu BarBara … lalu saya coba conversikan dengan gram.. hasilnya sangat pas, cantik, kuning. yang menjadi simple adalah lapisan nya, karena memakai bahan yang ada di kulkas …

 

 

 

Picture 1263

Crepe Batter

  • 4 large eggs

  • 4 tablespoons butter, melted and cooled slightly ( saya pakai blueband )

  • 4 cups milk (susu UHT)

  • 2 teaspoon vanilla

  • 2 tablespoon sugar

  • 1 teaspoon salt

  • 3 cups all purpose flour ( 1 Cup = 140 gram, untuk memudahkan, setelah saya hitung gram keseluruhannya saya coba pindahkan tepung  kedalam  cangkir yg ada di rumah, lalu dibagi 4 rata…dari situ saya bisa melihat ukuran per cup tepung setinggi apa, untuk acuan mengisi cairan dalam cangkir) 

Picture 1252

Jadi ceritanya saya hanya buat lapisan tengah nya dengan adonan Vla coklat, terdiri dari susu uht, gula, dcc (adanya coklat bubuk) dan tepung Custard….hadeuuuuh walau sudah dibuat agak padat, pada penyusunannya rada meleyooot, mungkin karena saya juga menaruh lapisan vla dan crepe nya masih dalam keadaan yang hangat.

Akhirnya saya bongkar lagi..makanya diphoto terlihat lapisan terbawah penuh dengan coklat vla yang berantakaaaan, saya ulag dengan menaruh nya di dalam loyang ukuran 18 diameter..Naaah aaman nyusuun nya deh..kemudian saya taruh di kulkas supaya set….

 

 

 

Picture 1262

Pancake with buttermilk


Pagi ini bikin Sarapan orang asing…hihihihi, ga juga sekarang hampir rata-rata sarapan sudah bervariasi..

 

 

 

 

resep dan cara  nya sangat mudah :

1. siapkan buttermilk kira-kira dari  200 ml  susu Uht yang di peresin 1 buah air jeruk nipis

2.  butir telur, pisahkan putihnya..lalu kocok putih telur hingga kaku…

3.  250 gr tepung terigu ayak beri susu UHT nah,,ini saya pakai kira2..tadi sih kurang lebih 400 – 500 ml..beri garam dan gula sedikit, 2 merah telur yang tadi , aduk  memakai whisk lalu tambahkan baking powder 1 sdt .

4. masukkan buttermilk aduk dan campurkan putih telur…tambahkan minya 1 sendok makan

5. siapkan teflon ukuran kecil, panaskan dengan api yang sangat kecil, tuang denga satu sendok sayur biarkan lingkar pinggirnya matang sedikit..tuang lagi sedikit adonan di tengahnya..ini untuk membuat pancake agak sedikit menjadi tebal. tunggu sebentar hingga kelihatan matang lalu balik.

catatan : Pancake ini bisa kita masukkan beberapa bahan misalnya, smoke beef,  parutan keju, blenderan pisang..tambahkan beberapa rempah seperti bubuk kayu manis..dll

 

 

Fluffy Pancake …..for brunch


Tadi buru-buru bangun karena kesiangan…”haduuh si kakak kuliah pagi…belum bikin sarapan” …..eh ga taunya dia bilang “siangan bu …dosennya sakit” 

lagi tidur tadi masa yaaa…mimpi gambarnya Pancake dengan lelehan Caramel…terlaluuuuuu !! makanan kebawa-bawa tidur ! jadi akhirnya nyiapin aja bahan2 nya…setelah selesai baru deh kita sarapan bertiga, di belakang si mbak lagi angetin nasi tim ayam tadi malam…loh loh loh…anak2 langsung nyamber….”kan sampe malem kuliah nya…”   “ade mana kenyang makan beginian…” waaaahhhh pasrah deh… bersisa deh Pancakenya.

 

resepnya ada disini  karena ini udah berkali-kali bikin..hehehehe

 

Poffertjies


Pagi lagi masak …perut sudah menyanyi-nyanyi, untuk lunch pegawai siang ini kita bikin Sop Kacang Merah, Semur Daging, tumis Balado telur Puyuh dan soun goreng…ceritanya anak2 dah mulai running, dah ga jogging lagi masaknya… so eikeh buru2 bikin adonan Poffertjies, jiplakan dari adonan Waffle Kania yang diencerin (laah..pokoknya cari gampang deh…)

 

 

 

 

 

Poffertjies ala Dapur Kania  (25-30 butir)

bahan :

500 gr Tepung Terigu segitiga (protein sedang)

250 gr gula pasir

150 gr margarine, 100 gr butter (cairkan)

10 gr Baking Powder

5 gr Soda Kue

2 gr garam

5 gr Vanilla Cair  

600 ml  Susu Cair (untuk Waffle) aku tambahin 200 ml untuk poffertjies

4 butir telur utuh (mixer sbentar, kocok manual juga ga papa)

 

 

 

Cara membuat : aduk semua bahan lalu saring, siapkan cetakan poffertjies …tuang adonan, ketika setengah matang tarik adonan ke atas memakai ujung garpu (tusuk sate, sutil kecil dll) tunag lagi sedikit adonan..tarik lagi sedikit demi sedikit hinga dia berbentuk bola..biarkan matang sambil terus dibalik2

 

 

 

Topping : Es Cream,  ayakan gula halus,  SKM coklat, meises dan apaaaaaaa aja sesuai selera…

 

 

 

Catatan bu Nicke yang udah mulai lupa’an :

1 resep Waffle akan jadi  18 Bunga heart (cetakan Akebono)

1 resep Pofferthies akan jadi 25 bulatan Poffertjies .

Chocolate Waffle


Tadi Malam…liat anak-anak dapur pada nyanyi dan bergitar ..sambil nari-nari pulak yang ceweknya, jadi timbul keinginan bikin waffle buat serve mereka…

kakak pulang kuliah ..lesu tapi riang, “boleh ga bu..besok bawain waffle ke sekolah buat Japanese Fair”… pagi ini cari resepnya yang sekali makan tanpa harus pakai tambahan sauce diluar nya..ide  asli bisa diliat disini foodnetwork.com 

Beberapa perubahan lumayan banyak terjadi ….hehehe disesuaikan selera 

 Saya buat 3 resep dr aslinya, Bahan-bahan :

  • 7 ounces all-purpose flour, approximately 1 1/2 cups (1 cup ukuran saya  150 gr, jadi total 525 gr)
  • 1 3/4 ounces sugar, approximately 3 tablespoons
  • 1.5 ounces cocoa powder, approximately 1/2 cup (saya pakai hanya 45 gr dari keseluruhan resep)
  • 1 teaspoon baking powder (saya pakai baking Powder Double acting, 3 resep hanya pakai 1 sdt)
  • 1 teaspoon salt
  • 1/2 teaspoon baking soda
  • 3 whole eggs, beaten (saya hanya 5 butir)
  • 2 ounces unsalted butter, melted and slightly cooled ( pakai 2 sdm margarine 3 sdm butter)
  • 1 teaspoon pure vanilla extract
  • 16 ounces buttermilk, room temperature ( 6 sdm susu evaporated di tambah perasan jeruk nipis 2 sdm )
  • 1 kaleng susu evaporated + 3 kaleng susu air 
  • 1 sdt bubuk kayumanis (supaya kalau dingin tetap enak dimakan, bau telurnya hilang)
  • 4 ounces chocolate chips, approximately 3/4 cup
  • Vegetable spray, for waffle iron

Directions

Preheat waffle iron according to manufacturer’s directions.

In a medium bowl whisk together the flour, sugar, cocoa powder, baking powder, salt, and baking soda. In another bowl beat together the eggs and melted butter and vanilla, and then add the buttermilk. Add the wet ingredients to the dry and stir in the chocolate chips just until combined. Allow to rest for 5 minutes.

Ladle the recommended amount of waffle batter onto the center of the iron. Close the iron top and cook until the waffle is crispy on both sides and is easily removed from iron. Serve immediately or keep warm in a 200 degree F oven until ready to serve.

Fluffy Pancake


Ngebayangin Pancake dari pagi…sambil tunggu anak2 ngerajang…browsing, dapet lah resep Fluffy PanCake

Ingredients:

  • 2 cups flour…………………………………… (pakai 2 cangkir tepung segitiga)
  • 2 tablespoons granulated sugar
  • 1/2 teaspoon salt
  • 1 teaspoon baking powder………………… (1/2 Baking powder double acting/BPDA)
  • 1/2 teaspoon baking soda
  • 1 cup buttermilk..( 1 cangkir susu UHT di kasih 4 sdm perasan jeruk nipis, diamkan hingga mengental)
  • 3/4 cup milk
  • 2 large eggs, separated ……….. (dikocok pake mixer sebentar)
  • 1/4 cup melted butter
  • vegetable oil
  • tambahan : 1 sdt bubuk Cinnamon
  • tambahan : 1/2 sdt vanila bubuk

Preparation:

In a mixing bowl, combine the flour, sugar, salt, baking powder, and soda.In another bowl, whisk together buttermilk and milk, egg yolks, and melted butter. Blend into the dry ingredients just until all ingredients are moistened.Beat egg whites in another bowl until stiff peaks form. Fold into the batter until well incorporated.

Heat a small amount of oil in a large skillet over medium heat. When skillet is hot enough for a drop of water to sizzle, scoop pancake batter onto the skillet in about 1/4-cup portions, spreading slightly. When edges are rather dry and bubbles are popping and bottoms are nicely browned, about 2 to 3 minutes, turn over and cook the other side until browned, about 2 minutes longer.

Tips : kalau mau hasil akhir  agak tebal, tuangkan satu sendok sayur adonan cair pancake..biarkan hingga keliling lingkarnya agak matang tambahkan tetes demi tetes bagian tengahnya..kemudian balik

Serve hot with butter and syrup. 

Catatan tambahan : aku tambahan 1 sdt vanila, 1/2 sdt bubuk Cinamon dan syrup nya pakai Caramel bikinan sendiri….

Banyak sekali resep Pancake …eikeh mau coba satu persatu nanti…